Ilustrasi pembangunan yang menggunakan dana desa (DD). foto ist

Lampura- Pemerintahan Desa Bumi  Raya kecamatan Abung Selatan Kabupaten Lampung Utara berupaya memaksimalkan penggunaan dana desa  (DD).

 Hal tersebut demi kesejahtraan dan kemajuan desa tersebut.  Penggunaaan DD ini melalui sejumlah program yang telah disepakati bersama dengan masyarakat.

Menurut Plt Desa Bumi Raya, Adi Suyono, penggunaaan dana  akan diprioritaskan pada pembangunan fisik dan sebagian untuk meningkatkan  kesejahtraan masyarakat. “Terutama  dalam bidang kesehatan dan pendidikan,”jelasAdi  Suyono , yang juga sekretaris desa setempat,  Rabu (9/11/2016) .

Menurutnya, untuk merealisasikan dana atau anggaran  Add/dd TAHUN 2016  Di Desa Bumi Raya, pihaknya telah merangpungkan berbagai pembangunan fisik.  Meliputi  Siring Pasang 1430 meter,  Gorong-Gorong Flat 20 unit. Lokasi pembangunan tersebut, di  dusun Tanjung Sari, Dusun Tanjung Mulyo dan Dusun Suka Jadi.

 Selain itu, pemberdayaan , pendidikan dan kesehatan masyarakat, pihaknya juga menganggarkan untuk Posyandu, makanan tambahan gizi untuk balita  6 kali dalam 1 tahun. Memberikan bantuan untuk pendidikam amak usia dini ( PaUD)

Selain pembangunan infrastruktur,  DD juga digunakan untuk pengadaan  alat kelengkapan kantor, seperti,  pemasangan parabola komputer satu unit WIFI untuk mengakses /upload data-data tentang desa.   Dana desa  yang bersumber dari anggaran pendapatan belanja Negara (APBN) tersebut,  juga digunakan untuk pembinaan kemasyarakatan, seperti  Linmas,  LPMD,  KETUA  RT/RW, Perangkat Pemdes  dan Badan Permusyawaratan Desa. (suhaimi Toni)




Post A Comment: