Tinmnas U16 Garuda Asia. foto ist
Thailand –Walaupun masih banyak kekurangan, namun berkat perjuangan yang luar biasa, timnas U-16 Indonesia mam mengalahkan Thailand 1-0.

Hal ini terjadi saat kedua tim bertemu di Kualifikasi Piala Asia U-16 Grup G di Stadion Rajamangala, Bangkok, Rabu (20/9).

Hasil Ini sekaligus menjadi balasan atas kekalahan 0-1 yang diperoleh ketika bertemu di Piala AFF U-15 2017.
Laga ini merupakan partai ketiga timnas U-16 Indonesia setelah sebelumnya menekuk Timor Leste 3-1 serta menggilas Northern Mariana Islands 18-0. Sementara bagi Thailand adalah kedua usai menang 10-0 atas Northern Mariana Islands.
Kemenangan diperoleh Indonesia setelah memulai laga dengan inisiatif menyerang. Thailand merespons sehingga saling serang pun terjadi.
Timnas U-16 Indonesia mencetak gol ketika laga berjalan 20 menit. Adalah Amanar Abdillah yang mencatatkan nama di papan skor setelah memasukkan bola hasil umpan silang ke depan gawang Thailand.
Timnas U-16 Indonesia gantian diancam pada menit ke-22. Thailand ingin membalas dan mengejar ketertinggalan dan beruntung bagi Indonesia upaya Jakkrapong Sanmahung dkk. gagal.
Indonesia berusaha mencari gol lain, termasuk lewat umpan-umpan jauh. Serangan bergantian dilakukan Thailand dengan organisasi yang baik. Skor 1-0 untuk Indonesia tak berubah hingga paruh pertama berakhir.
Selepas turun minum, Indonesia langsung menebar ancaman. Bola sepakan Amiruddin Bagus yang baru masuk diblok Natthawut Paengkrathok pada menit ke-46. Adapun sundulan pemain Indonesia pada menit ke-57 tipis di atas gawang.
Peluang didapat Indonesia pada menit ke-60. Namun bola sepakan Sutan Diego Armando Zico di dalam kotak terbang jauh, tak menemui sasaran.
Timnas U-16 Indonesia mendapat peluang lagi pada menit ke-77 setelah Amiruddin Bagas Arrizqi maju ke depan dan berhasil melewati tiga bek Thailand. Sayang bola sepakan Bagas ketika tinggal berhadapan dengan kiper Natthawut, menyamping.
Sedangkan upaya Indonesia pada menit ke-78 tak membuahkan hasil. Adapun upaya Thailand masih buntu, pada menit ke-84 misalnya bola sepakan Waragon Thongbai kena tiang. Sementara percobaan Nattakit Butsing digagalkan mistar.
Indonesia hampir mencetak gol lagi pada menit ke-88. Bola tendangan bebas kena mistar, sementara bola mantul yang disundul ditepis keluar. Skor tidak berubah hingga laga berakhir.
Hasil ini membuat Indonesia mengoleksi sembilan angka dari tiga laga. Indonesia tetap di puncak klasemen dan hampir pasti lolos ke putaran final Piala Asia U-16 2018 di Malaysia. Adapun Thailand tetap dengan tiga poin.
Indonesia akan menutup kiprah di Grup G dengan menghadapi Laos, Jumat (22/9). Sedangkan Thailand bakal melawan berjumpa Timor Leste sebelum mengakhiri Grup G melawan Laos, Minggu (24/9).
Seperti diketahui, 10 juara grup ditambah lima runner-up terbaik akan lolos. Runner-up terbaik keenam akan ikut lolos apabila Malaysia yang berstatus tuan rumah ada dalam deretan 10 juara grup dan lima runner-up terbaik. (sportsatu/p1)
Susunan Pemain
Thailand: Natthawut Paengkrathok (GK), Arthit Bua-ngam, R. Chatmongkol, Jakkrapong Sanmahung (C), Pongsakorn Innet, Thanarin Thumsen, Sarawut Saowaros, Kittiphong Khetpara, Thanakit Thongsri, Thakdanai Jaihan, Nattakit Butsing
Indonesia: Enando Ari Sutaryadi (GK), Amiruddin Bagas Arrizqi, Ahmad Rusadi, Fadillah Nur Rahman, M. Yudha Febrian, Andre Oktaviansyah, David Maulana (C), Amanar Abdillah (Amiruddin Bagus Alfikri 46′), Rendy Juliansyah (Hamsa Lestaluhu 46′), Mochammad Supriadi, Sutan Diego Armando Zico


Post A Comment: