salah satu lokasi yang terkena banjir. foto ist 
KOTA AGUNG- saat ini merupakan musim pancaroba, di beberapa wilayah khususnya di Provinsi Lampung, warga masih mengalami musim kemarau dan sulit air. Namun, di beberapa tempat curah hujan justru mulai turun sangat deras.

Terbaru, banjir bandang menerjang tiga pekon (desa) di Kelumbayan Induk Kabupaten Tanggamus. Pristiwa banjir ini terjadi sekitar pukul 4.00 WIB, Kamis (26/10). Tiga pekon itu, yakni Napal, Sinarmaju dan Sinar Harapan.
Kepala Pelaksana BPBD Tanggamus, Romas Yadi, mengatakan, berdasarkan informasi yang didapat tim BPBD, lima rumah di Pekon Napal terendam banjir dan luapan air juga telah memasuki sekolah dasar.
"Kita telah terjunkan tim BPBD, Basarnas dan TNI ke lokasi. Informasi lanjutan akan dapat setelah tim kita sampai di sana. Peralatan yang sudah dibawa perahu karet, tenda pengungsian, dan makanan siap saji. Perlengkapan lainnya juga kita akan siapkan. Saya sudah sampaikan hal ini kepada Pak Wabup dan Pak Sekda," kata Romas Yadi, Kamis (26/10).
Luapan air terjadi akibat karena air dari area perbukitan, sehingga menggenangi pemukiman penduduk. Ketinggian air diperkirakan mencapai satu meter. Dia juga mengimbau agar warga yang berada di bantaran sungai lebih hati-hati dan mengungsi ke daerah lebih aman. Ini agar tak ada hal-hal yang tak diinginkan.
"Tim gabungan BPBD, Basarnas dan TNI akan terus disiagakan ditempat tersebut hingga sampai penanganan banjir bandang tersebut selesai dilakukan," katanya. (tm)

Post A Comment: