Foto ;Agus Pikiran Lampung
Tanggamus, Tiang listrik milik Perusahaan Listrik Negara (PLN) yang berada di jalan Dusun Talang Sebaris Desa Sinar Jawa Kecamatan Air Naningan Kabupaten Tanggamus diketahui rubuh sejak hari Rabu (18/10/2017). Akibatnya sebuah mobil yang kebetulan melintas terkena kabel listrik yang mendadak mengendor. 

Beruntung, tidak ada korban jiwa dalam peristiwa itu, karena tiang listrik tidak langsung roboh ketanah sebab tersangkut di dahan pohon. Namun, jika tidak segera diperbaiki oleh pihak PLN, akan mengganggu aliran listrik dan tentunya dikhawatirkan menimpa pengguna jalan kaki atau kendaraan yang melintas. 

Kepala Pekon (Kakon) Desa Sinar Jawa Kecamatan Air Naningan Suroso mengatakan, pihaknya telah melaporkan perihal robohnya tiang itu kepada pihak PLN untuk segera dilakukan perbaikan, namun hingga saat ini belum ada tindakan atau tanda-tanda perbaikan yang dilakukan dari pihak PLN. 

"Sudah kami laporkan kepihak PLN, bahkan ketika kejadian saat sebuah mobil kijang milik pengguna jalan yang kebetulan melintas dan terkena kabel, beruntung saat itu tidak ada korban jiwa namun mobil tersebut mengalami kerusakan yang cukup parah," katanya, Kamis (19/10). 

Robohnya tiang listrik itu, lanjut kakon, diakibatkan oleh curah hujan cukup deras pada hari Rabu kemarin, yang membuat tanah menjadi becek sehingga tidak mampu menahan bobot tiang. 

"Selain itu juga diduga karena pemasangan tiang yang kurang baik atau asal jadi, dan pemasangan tiang yang kurang dalam, sehingga mengakibatkan tiang yang berbobot cukup berat tersebut tidak dapat ditahan oleh tanah,” Ujar Suroso.

Selanjutnya Suroso berharap kepada pihak terkait dan pemerintah daerah setempat agar dapat untuk segera diperbaiki sebelum terjadi hal yang tidak diinginkan. Apa lagi akibat robohnya tiang tersebut keadaan listrik dijalur itu padam. 

"Harapan kami agar tiang tersebut segera diperbaiki, kami khawatir akan memakan korban jiwa jika tidak segera secepatnya ada penanganan dari pihak terkait, jangan menunggu hingga memakan korban jiwa," harap Suroso. (Agus). 

Post A Comment: