Ilusttasi Guru sedang mengajar di kelas. foto ist 

BANDAR LAMPUNG - saat ini di berbagai daerah sedang dilanda krisis guru untuk berbagai tingkatan sekolah. Hal ini juga melanda provinsi Lampung. Menanggulangi  krisis guru akibat ribuan yang pensiun tahun ini,  Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Lampung langsung melakukan langkah -langkah strategis. Salah satunya, pihak BKD Lampung menyatakan sudah melakukan komunikasi dengan pemerintah pusat untuk mengantisipasi kekurangan guru di daerah berjuluk Sai Bumi Rua Jurai ini.

Saat ini,  Pemprov masih bersandar pada  program Lampung Mengajar. Namun, kelemahan program ini, rekrutmen guru terbatas. Begitu juga dengan rekrutmen program guru garis depan (GGD) yang juga terbatas.Smentara blum ada pengusulan penambahan guru lewat penerimaan CPNS reguler.Itu i

Namun  Kepala BKD Lampung Rusli Syofuan mengatakan, komunikasi dengan pemerintah pusat telah dilakukan sebelum ada pelimpahan kewenangan sektor SMA/SMK negeri ke pemprov.

Dijelaskannya, Lampung bukan satu-satunya provinsi yang mengalami krisis guru. Persoalan ini juga terjadi di sejumlah provinsi lain. ’’Kalau persisnya saya kurang paham. Yang jelas, pusat mengetahui kondisi di daerah. Dan yang terjadi tidak hanya di Lampung,” ujarnya Jumat (20/10) kemarin. (rlc)

Post A Comment: