kawasan pasar Way Halim sedang direnovasi. foto ist

BANDAR LAMPUNG-Jumlah kios untuk hamparan di Pasar Wayhalim sebelum dan sesudah pemugaran tetap sebanyak 232 unit. Sementara Pemugaran Pasar Wayhalim direncanakan akan rampung pada pertengahan Desember 2017.


Kepala Unit Pelaksanan Tekhnis (UPT) Pasar Wayhalim, Parlindungan Pane mengatakan, jumlah kios tetap 232 unit dan tidak bertambah. “Tidak ada penambahan kios. Untuk hamparan, jumlahnya tetap seperti sebelum dibongkar, tapi saya lupa jumlah pastinya,” kata Pane saat dihubungi, Rabu (22/11).

Dirinya berharap, bahwa pembangunan dapat selesai sesuai target awal, yaitu pada pertengahan bulan Desember 2017 mendatang. “Ya mudah-mudahan pemborong mengerjakannya sesuai target, harapannya selesai pertengahan Desember,” ujarnya.

Terkait pengundian penempatan para pedagang, pihaknya masih menunggu kepastian jumlah pedagang dan penentuan zona yang ada. “Mungkin nanti, tunggu pasar jadi dulu. Kemudian nanti akan dibagi zonanya. Kami juga harus tau berapa jumlah pedagang ikan, sayuran, daging dan baju. Ini masih ngerekap jumlah pedagang untuk tahu berapa jumlah pedagang satu deretnya,” jelasnya.

Ia pun mengungkapkan, lamanya pendataan disebabkan perilaku pedagang yang kerap berganti-ganti dagangan. “Ada penggantian barang dagangan, masih suka berubah-ubah. Ada yang dagang sayuran mau jadi pedagang ayam. Tapi mudah mudahan November ini pendataan selesai, maksimal pertengahan bulan Desember,” ucapnya.

Pane berspekulasi, bahwa pengundian bisa dilakukan berbarengan dengan penyelesaian pemugaran pasar. “Mudah mudahan pertengahan bulan Desember sudah selesai, dan setelah selesai, bisa diundi untuk penempatan,” tutup dia.

Berdasarkan pantauan lapangan, bangunn fisik dari proses pemugaran Pasar Wayhalim telah berdiri. Terlihat para pekerja yang yang sedang melanjutkan proses bangunan yang sempat menuai pro dan kontra tersebut. (ron/tm)

Post A Comment: