Jalan Antasari Bandar Lampung pada jam-jam sibuk sering mengalami kemacetan yang cukup parah.  foto ist 
Bandarlampung- Saat ini Jalan Pangeran Antasari Bandar Lampung (Balam) mengalami kemacetan yang cukup parah. Terutama pada jam -jam sibuk, mulai jam 7 pagi hingga jam pulang sore pada pukul 16 Wib. Area atau titik kemacetan terparah, terletak di depan prumahan Villa Citra, Chandra Super Store hingga depan Bank Lampung Antasari.

Hal ini lantas membuat warga yang melintasi jalan tersebut sedikit geram. " Aduh bng kalau pagi dan sore jalan ini macetnya minta ampun," ujar Sigit salah seorang pengendara mobil yang sempat diminta komentarnya, Selasa (5/12). Wewakili pengendara dan warga lainnya dia berharap agar Jalan Ansari dicarikan solusi supaya berkurang macetnya.

Situasi ini juga lantas membuat persepsi neagtif di Mata warga Bandar Lampung. Dimana,  Dinas Perhubungan (Dishub) setempat, dinilai terkesan pilah-pilih dalam melakukan penutupan u-turn (putaran balik) di Kota Tapis Berseri ini. Pasalnya, dari berbagai penutupan u-turn dengan menggunakan median jalan, u-turn yang berada di pertigaan depan Perumahan Vila Citra, sampai saat ini belum ditutup.

Berdasarkan pantauan lapangan, u-turn dilokasi tersebut kerap dilanggar dan sering menimbulkan kemacetan panjang di Jalan Pangeran Antasari, padahal ada rambu-rambu yang melarang pengendara untuk melakukan puta balik ditempat tersebut.

Menanggapi hal tersebut, Kepala Bidang Lalu Lintas, Dishub Kota Bandarlampung, Iskandar membenarkan bahwa keberadaan u-turn tersebut merupakan salah satu penyumbang kemacetan di Jalan Pangeran Antasari. Namun ia berdalih, bahwa u-turn tersebut sudah ada sejak sebelum dibuatnya median jalan.

"Iya mau ditutup gimana, kan pengkolan tersebut sudah ada sebelum kita melakukan pembuatan media jalan," ujar Iskandar saat dihubungi kemarin, (5/12).

Ia juga mengungkapkan, bahwa titik kemacetan terbesar yaitu u-turn yang berada tepat didepan Kantor Bank Lampung, Jalan Pangeran Antasari. "Yang titik macet seberanya mah pas turunan Flyover depan Bank Lampung itu, kalau di depan Perumahan Vila Citra mah tidak seberapa kok," ungkapnya.

Sebelumnya, Ketua DPRD Kota Bandarlampung, Wiyadi mempertanyakan mengapa u-turn yang berada di pertigaan Perumahan Vila Citra tidak dilakukan penutupan. "Alhamdulillah saat ini kemacetan sudah berkurang, namun seharusnya disamaratakan, nah yang didepan Perumahan Vila Citra itu kenapa tidak ditutup. Disitu sering sekali macet, apalagi pas di jam-jam berangkat dan pulang kerja,” kata dia.

Ia juga meminta kepada dinas terkait, agar dapat merapikan zona parkir di Jalan Pangeran Antasari, yang memang kerap menjadi salah satu faktor terjadinya kemacetan. "Terlebih saat ini ada Supermaket Chandra yang parkirnya saja sudah memakan badan jalan, seharusnya dinas terkait dapat melaksanakan penutupan secara serentak," pungkasnya.(*/wan)

Post A Comment: