Nunik dan Erlina Wabup Pesibar. foto tim PL
Pesisir Barat -Pariwisata di Lampung sudah menjadi salah satu sektor ekonomi penting di Lampung. karena dengan kekayaan objek wisata yang ada di 15 Kabupaten Kota, dapat menjadi penopang ekonomi masyarakat dan daetah. Apalagi,  sejak tahun 2011, pariwisata menempati urutan ketiga dalam hal penerimaan devisa setelah komoditi minyak dan gas bumi serta minyak kelapa sawit, secara nasional, dan Lampung harus merebut bagian itu. 

Bupati Lampung Timur,  Chusnunia Chalim,  alias Nunik,  didampingi Wakil Bupati Pesisir Barat Erlina,  mengatakan bahwa setiap tahun jumlah wisatawan mancanegara yang datang ke Lampung mengalami peningkatan, terutama di Pesisir Barat. Berdasarkan data dari Badan Pusat Statistik, sebelas provinsi yang paling sering dikunjungi oleh para turis adalah Bali, Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, DKI Jakarta, Sumatera Utara, Lampung, Sulawesi Selatan, Sumatera Selatan, Banten dan Sumatera Barat.

"Lampung masuk bagian pintu Gerbang Sumatera Selatan, Turis di Pesisir Barat dan tidak kalah dengn keindahan objek wisata yang ada di daerah lain, " kata Nunik,  yang telah dideklarasikan sebagai Wakil Gubernur berpasangan dengan Arinal Djunaidi.

Wakil Bupati Pesisir Barat Erlina, menambahkan Pariwisata telah bergerak menjadi sebuah industri yang digerakkan oleh pasar. Hal ini menghadirkan dan mempromosikan pertumbuhan potensial dan menarik perhatian para investor dan Pemerintah.

"Setiap tahun tercatat 15 ribu wisatawan manca negara datang ke Pesisir Barat.  Sebagai daerah yang baru dua tahun devinitif,  dengan potensi dominan Pariwisata,  adalah menjadi prioritas pembangunan wisata," kata Erlina,  yang mendampingi Arinal-Nunik di acara Jalan Sehat Berhadiah menyapa warga Pesisir Barat,  Minggu (24/12).

Menurut Erlina,  secara Internarional,  pemberian kesuksesan dari FDI masuk kedalam ASEAN, penambahan volume perdagangan negara, serta ikatan dan komitmen yang lebih besar dari suatu negara di dalam pasar bebas dan liberal. 
"Kita majukan pariwisata,  dengan kombibasi wisata kearipan lokal. Dari Lemong-Ngambut adalah wisata, wilayah Bengkunat untuk tambak udang," kata Erlina. 

Saat ini,  kata Erlina,  masih butuh waktu, dan penguatan inspstruktur,  karena wisata surving manca negara. "Bu Nunik dengan programnya sebagai wakil Gubernur,  akan bantu wujudkan itu. Kita juga ada 11 titik wisata yang belum di eksplor. Kita gunakan wisata tageline ayo ke krui. Kita dan wisata daerah kita adalah bagian dari itu, termasuk peran Lampung,  khususnya Pesisir Barat,  dengan sport solving, dan objek wisata lain, hutan,  air terjun,  dan pesona wisata," katanya. (Njun/p1)

Post A Comment: