Add caption

Baru Tiga Tahun Menjabat, Gubernur Lampung M.Ridho Ficardo menerima penghargaan dari Pemerintah (Kemenkumham RI) sebagai satu dari 24 Gubernur (seluruhnya 34 Provinsi) sebagai pembina kabupaten/kota peduli Hak Asasi Manusia terbaik sepanjang Tahun 2016. Penghargaan diberikan di Surakarta, Minggu 10 Desember 2017.

Penghargaan tersebut diserahkan langsung oleh Presiden RI, bpk Ir. H. Joko Widodo,  sementara untuk Bupati dan Walikota diserahkan oleh Menteri Hukum & HAM RI. Acara pemberian penghargaan ini dilaksanakan pada saat bersamaan dengan Peringatan Hari Hak Asasi Manusia ke-69 Tahun 2017 yang dipusatkan di Surakarta.

Berdasarkan laporan ketua panitia penyelenggara Bpk. Yasonna H Laoly (Menkumham) adapun kriteria pemberian penghargaan bagi kabupaten/kota peduli HAM adalah bahwa daerah tersebut telah melakukan kegiatan/program yang telah berdimensi HAM serta peduli akan nilai2 kemanusiaan di daerah masing2 terutama terhadap program2 yang mencerminkan pelayanan dasar yang memang menjadi urusan wajib pemerintahan daerah, antara lain: Pendidikan, Kesehatan, Perlindungan Perempuan & Anak, Kependudukan, Hak Atas Pekerjaan, Perumahan dan Kebutuhan akan Lingkungan Hidup yang baik dan berkelanjutan. 

Kategori yang diberikan untuk Provinsi Lampung dibagi ke dalam 2 kategori, yakni: 1. Kabupaten/Kota yang sangat peduli HAM ( Metro, Bandar Lampung, Lampung Timur dan Pringsewu); dan 2. Kategori Cukup peduli HAM (Lampura, Lambar, Lamsel, Lamteng, Tuba, Tubabar, Tanggamus, Way Kanan, Pesisir Barat, Pesawaran dan Mesuji). Pemerintah Provinsi Lampung diberikan penghargaan selaku pembina daerah kabupaten/kota di seluruh wilayah terutama pada saat mengawal program atau kegiatan yg dilakukan oleh Pemkab/Pemkot dalam penyusunan APBD masing2 di wilayah binaan nya.

Penghargaan untuk Gubernur Lampung diwakilkan oleh Assisten Bidang Pemerintahan dan Kesra, bpk Hery Suliyanto yang didampingi Kepala Biro Hukum Setdaprov. Lampung, bpk Zulfikar. Sementara itu Bupati/Walikota yang langsung menerima penghargaan antara lain: Wakil Bupati Tulang Bawang (Hery Wardoyo), Wakil Bupati Tanggamus (Syamsul Hadi), Bupati Lampung Timur (Chusnunia Salim), Bupati Pringsewu (Sujadi Saddat), Walikota Metro (Pairin), dan kabupeten/kota lain nya diwakilkan oleh Assisten yg membidangi dan/atau Kabag Hukum masing2 kabupaten dan kota se Lampung, kecuali Kabupaten Lampung Tengah dan Lampung Barat yg berhalangan hadir untuk menerima penghargaan dimaksud.

Hadir bersama dalam acara pemberian penghargaan dimaksud antara lain Ketua KOMNAS HAM RI, Gubernur Jawa Tengah beserta Fokorpimda Provinsi Jawa Tengah, Gubernur dan Bupati/Walikota se Indonesia penerima penghargaan  dan para pejabat pimpinan tinggi madya dan pratama lingkup pemerintah daerah provinsi dan kabupaten/kota penerima penghargaan serta lingkup kementerian hukum dan HAM baik Pusat maupun Daerah.(rls/wan) 

Post A Comment: