Bandarlampung -Tak terasa Provinsi Lampung telah menapaki usia ke-54 tahun. Dimana, hari jadi Provinsi berjuluk Sai Bumi Ruwa Jurai ini diperingati setiap tanggal 18 Maret.
Ada harapan yang didengungkan oleh kalangan pendidikan untuk provinsi paling selatan pulau Andalas ini. Salah satunya datang dari Wakil Rektor I Universitas Muhammadiyah Lampung, Dr.Hi.Dalman. M.Pd. "Mnurut saya sebagai seorang akademisi, stekholder, dan sebagai masyarakat awam, provinsi Lampung merupakan daerah yang sangat strategis untuk percepatan pembangunan. Seperti yang kita ketahui, bahwa Lampung ini dihuni oleh masyarakat Lampung asli dan masyarakat yang berasal dari berbagai berbagai daerah di Indonesia yang terkenal dengan sebutan "Sai Bumi Rua Jurai," jelasnya kemarin. Jadi, lanjut Dalman, Lampung ini dapat dikatakan sebagai Indonesia Mini. Jika demikian, kata dia, seharusnya pembangunan provinsi Lampung dapat lebih cepat berkembangnya daripada daerah lainnya. 

"ProvinsiLampung juga merupakan daerah yang penuh dengan aset wisata dan budaya. Jika ini dikembangkan dan dikelola dengan baik, maka daerah Lampung akan menjadi "center of excelenct" wisata domistik dan internasional,"tegasnya. Oleh sebab itu, lanjutnya, peningkatan infrastruktur seperti kemudahan transportasi perlu diperhatikan. Namun, di luar itu semua kunci kesuksesan suatu daerah adalah terletak pada kualitas pendidikannya. "Apabila Pendidikan di provinsi Lampung sudah maju dan berkualitas, maka provinsi Lampung dapat dikatakan daerah yang maju,"kata pria ramah putra Asli Bangka Belitung ini. Karena, lanjutnya, dampak dari pendidikan itu akan terkait dengan keberhasilan pembangunan daerah dalam berbagai bidang seperti bidang ekonomi, kesehatan, sosial budaya, politik, dan agama.

Dr Hi Dalman, M.Pd dan keluarga. foto ist
 "Makanya orang tua sering berkata pada anaknya agar belajarlah yg rajin, sekolahlah setinggi-tingginya agar hidupmu sejahtera. Jadi, Pendidikan itu sangat berperanan penting bagi kemajuan masyarakat dan pembangunan daerah. Dengan Milad Provinsi Lampung yang ke-54 ini, saya berharap, ke depannya provinsi Lampung menjadi daerah wisata dan daerah tujuan tempat belajar dan menuntut ilmu bagi masyarakat Indonesia dan dunia,"tegasnya. Oleh sebab itu, lanjutnya, Lampung harus berbenah diri. Lampung harus mampu menghasilkan pendidikan yang berkualitas dan menyediakan sarana dan prasarana yang sangat memadai sehingga Lampung dapat menjadi salah satu daerah kebanggaan bagi bangsa Indonesia dan bangsa-bangsa lainnya. Untuk mewujudkan itu semua, pemerintah daerah harus bersinergis, baik antara SKPD dengan gubernur/bupati/wali kota, maupun antara gubernur dan bupati/wali kota. 
Terjalinnya hubungan yang harmonis diantaranya akan membawa aura positif bagi percepatan pembangunan provinsi Lampung. Selain itu, perlu juga adanya reformasi di bidang pemerintahan sehingga menjadi terwujudnya tata kelola pemerintahan berbasis "good governance". "Saya kira partisipasi masyarakat dalam pembangunan Lampung juga perlu ditingkatkan ke depannya karena pada dasarnya masyarakatlah yg menjadi salah satu ujung tombak keberhasilan pembangunan daerahnya. Saya yakin, dengan kebersamaan, percepatan pembangunan daerah Lampung di segala bidang akan berhasil. Akhir kata, Dirgahayu Provinsi Lampung ke-54. Provinsi Lampung pasti jaya..Salam Sukses. Bersama kita bisa,"pungkasnya. (adv/wawan) 

Post A Comment: