Banjir di Jalan lintas barat Kecamatan Gisting nyaris memakan korban. foto agus Pikiran Lampung
Tanggamus-Akibat hujan deras yang melanda sejak sore hari hingga malam di Kabupaten Tanggamus. Tanah longsor dan pohon tumbang terjadi di ruas jalan lintas barat (Jalinbar) KM 82-83 Pekon Batu Kramat Kecamatan Kota Agung Timur Kabupaten Tanggamus.

Akibatnya sebagian badan jalan lintas tersebut tertutup matrial tanah longsor yang berupa bebatuan dan pepohonan, yang langsung dibersihkan oleh aparat Kepolisian, BPBD dan warga setempat dengan alat seadanya. 

Selain tanah longsor dan pohon tumbang di wilayah Batu Keramat, pada waktu bersamaan juga terjadi banjir di jalan lintas Pekon Gisting Bawah dan Pekon Gisting Bawah Kecamatan Gisting. 

Menurut Kabag Ops Polres Tanggamus yang berada dilokasi kejadian banjir tersebut terjadi sekira pukul 19.30 Wib pada Selasa (3/4) air mengalir deras menyeberangi jalan setinggi 40 cm, akibatnya kendaraan dari 2 arah sempat ditahan melintasi jalan tersebut. 

"Petugas gabungan melakukan pengamanan di lokasi longsor Batu Kramat dan banjir Gisting, untuk saat ini kendaraan dari dua arah telah bisa lewat," kata Kabag Ops Kompol Aditya Kurniawan mewakili Kapolres Tanggamus AKBP I Made Rasma, S.IK. M.Si.


Kabag Ops menegaskan, dari kedua peristiwa tersebut tidak ada korban jiwa, namun di lokasi banjir Gisting, 1 unit sepeda motor honda Beat warna putih biru terseret arus, tetapi pengendara dan penumpangnya berhasil menyelamatkan diri.

"Untuk identitas pengendara, Doni Chandra (26) warga Desa Hanura Kecamatan Teluk Pandan Pesawaran yang berboncengan dengan Mayasari (20) warga Pekon Terbaya Kota Agung," jelasnya.

Namun demikian, Kabag Ops menghimbau kepada pengguna jalan yang akan melintasi Jalinbar agar memperhatikan cuaca, karena kondisi jalan Batu Kramat rawan longsor.

"Kami himbau, pengemudi yang akan melintasi batu kramat agar berhati-hati, tanyakan petugas di lapangan yang memantau kondisi jalan setempat sehingga dapat terhindar dari hal yang tidak diinginkan," tandasnya.

Turun kelokasi guna mengatur arus lalu lintas antara lain Kasat Lantas AKP Sopyan, Kapolsek Talang Padang AKP Yoffi Kurniawan bahkan Kapolsek Pugung, Kasat Sabhara Polres Tanggamus AKP Rohmadi bersama BPBD Tanggamus, anggota TNI Kodim 0424 Tanggamus beserta warga warga yang terbagi di dua titik TKP. (Agus).

Post A Comment: