MESUJI- Pemerintah Kabupaten Mesuji melalui Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) setempat. Di tahun 2018 ini kembali kebanjiran berbagai jenis bantuan dari Kementrian Desa, PDT, dan Transmigrasi guna mempercepat pembangunan ekonomi masyarakat di desa.

Hal ini seperti diungkapkan Pelaksana Tugas Kepala Dinas PMD Sunardi,SE., bahwa pihak Kementrian Desa sangat bangga dan mendukung keberhasilan pembangunan yang dilakukan oleh Pemkab Mesuji dibawah komando Bupati Khamami. Dengan berbagai inovasi yang dilakukan sangat nyata terlihat geliat pembangunan baik di Kabupaten maupun di desa-desanya.

"Untuk itu, guna mendukung percepatan pembangunan desa, pihak Kementrian Desa terus mengucurkan berbagai bantuan untuk Kabupaten Mesuji,"kata Sunardi, Minggu (8/4).

Adapun bantuan tersebut yaitu berupa Penyertaan Modal untuk badan usaha milik desa (Bumdes) bagi sebanyak 17 desa, di 3 Kecamatan yakni Mesuji, Mesuji Timur, dan Rawa Jitu Utara, yang masing-masing senilai Rp. 50 juta. Selain itu, ada juga bantuan untuk Usaha Ekonomi Masyarakat (UEM) senilai Rp. 30 juta bagi 34 kelompok usaha.

Sunardi menjelaskan, tahun ini Mesuji juga akan mendapat bantuan Handtracktor sebanyak 19 unit, Rumah Pajang 1 unit, Revitalisasi pasar desa sebanyak 3 unit, untuk Desa Mukti Jaya, Kecamatan Tanjung Raya, Desa Pancawarna, Kecamatan Way Serdang dan Desa Gedung Ram, Kecamatan Tanjung Raya.
Lanjutnya, terakhir bantuan Embung Desa untuk 3 Desa yakni Desa Adimulyo, Kecamatan Panca Jaya, Desa Jaya Sakti, Kecamatan Simpang Pematang dan Desa Tanjung Menang, Kecamatan Mesuji Timur.
"Sebelumnya kita juga sudah mendapat bantuan alat pasca panen dari Dirjen PKP Kementrian Desa yaitu 3 unit Mesin pemanen padi (Combaine Harvaster) yang akan digunakan untuk 16 desa, di dua kecamatan yakni Kecamatan Mesuji dan Mesuji Timur. Itu sudah kita serahkan langsung melalui Bumdes Bersama untuk pengelolaannya,"pungkasnya. (Fiter)







Post A Comment: