foto ilustrasi. ist 
Jakarta- Biasanya untuk mengurangi rasa pahit saat minum obat, beberap orang akan menggunakan buah pisnag atau teh untuk minum obat.

 Namun dari data yang ada, minum obat dengan  menggunakan teh dapat mengganggu fungsi obat tertentu lho. Seperti yang dilansir dari detikHealth, sebaiknya hindari meminum teh dan obat secara berbarengan ya untuk menghindari dampak negatif dari aktivitas tersebut. Apa saja daftarnya?
Obat sakit kepala

Banyak orang yang menghindari konsumsi teh dengan paracetamol. Menurut Leona Victoria Djajadi, Master of Nutrition and Dietetics (Ahli Gizi) dari University of Sydney hal tersebut memang tepat.

Victoria menjelaskan teh mengandung kafein dan bisa menambah atau memperkuat efek obat sakit kepala. Terlebih, beberapa merk obat sakit kepala juga menambahkan kafein dalam komposisi obat.

“Efek samping dari penggunaan kafein dengan obat sakit kepala seperti paracetamol terlihat dapat meningkatkan sisa racun yang lebih banyak saat diuraikan di hati, meskipun saat ini baru diujicobakan di hewan. Jadi sebaiknya, memang mengonsumsi obat sakit kepala dengan air putih.,” ujarnya beberapa waktu lalu.
Obat hipertensi

Penelitian yang dipublikasikan pada jurnal Clinical Pharmacology & Therapeutics mengungkap bahwa konsumsi teh hijau dengan nadolol (salah satu obat hipertensi) harus dihindari.

“Individu yang mengonsumsi nadolol dan juga mengkonsumsi teh hijau harus sadar akan potensi interaksi ini dan mendiskusikan hal ini dengan dokter mereka,” saran Dr Gregg Fonarow, seorang profesor kardiologi di University of California, Los Angeles juga angkat bicara seperti dikutip dari WebMD.

Antibiotik

Sejumlah jenis antibiotik seperti enoxacin tidak dianjurkan untuk dikonsumsi berbarengan dengan makanan maupun minuman yang menyimpan kafein seperti kopi, teh, soda, atau cokelat seperti dikutip dari drugs.com.

Mengonsumsi kafein bersamaan dengan antibiotik ini, dapat meningkatkan risiko efek samping seperti sakit kepala, peningkatan detak jantung, dan cemas.
Obat diabetes

Obat diabetes tentunya bertujuan untuk menurunkan kadar gula darah. Tapi sebaliknya, meminuh teh justru dapat meningkatkan kadar gula darah sehingga dapat mengurangi efektivitas obat diabetes. Karena itu sebaiknya kamu tidak mengonsumsi obat diabetes bersamaan atau dalam waktu berdekatan dengan teh.
Suplemen zat besi

Teh hitam mengandung tanin yang mengikat zat besi dan membuatnya tidak diserap oleh tubuh. Tentunya, ini akan menimbulkan masalah bagi mereka yang sudah kekurangan zat besi atau tidak mengkonsumsi makanan kaya zat besi yang cukup.

Dikutip dari The New York Times, sebuah studi menemukan mereka yang minum teh hitam mengalami penurunan sebesar 62 persen dalam penyerapan zat besi suatu makanan. Sementara yang minum kopi dengan makanan tersebut mengalami penurunan 35 persen, sedangkan mereka yang memilih jus jeruk untuk pendamping makanan mereka malah mengalami 85 persen peningkatan penyerapan zat besi.

(net/hp)

Post A Comment: