Ilustrasi E-KTP. foto ist 
Gedong Tataan- Banyak cara yang dilakukan pemerintah guna meningkatkan percepatan administrasi dan kependudukan (Adminduk). Hal ini guna memaksimalkan  pelayanan terhadap masyarakat. Hal ini dilakukan oleh  Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Pesawaran. Dimana, pihak Disdukcapil melakukan terobosan dengan perekaman KTP-El pada akhir pekan. yakni hari Sabtu dan Ahad.

Kepala Disdukcapil Pesawaran Ketut Partayasa menjelaskan perekaman pada Sabtu dan Minggu itu untuk menjaring warga yang sibuk bekerja, dengan begitu mempercepat penyelesaian target perekaman KTP-El dalam dan memaksimalkan akurasi data persiapan pemilihan gubernur Juni 2018.

“Hari ini, Kami perekaman di Desa Bagelen, Kecamatan Gedongtataan. Kita juga selalu bersinergi dengan KPU. Alhamdulillah, Pak bupati telah menambahkan printer dua sehingga kami bisa mencetak 500 – 1.000 KTP,” kata Ketut Partayasa, Sabtu (7/4/2018).

Dia juga menjelaskan Disdukcapil membuka pelayanan pada hari Sabtu dan Minggu, Tujuannya untuk menampung masyarakat yang sibuk bekerja pada hari-hari biasa guna melakukan perekaman KTP-EL. Untuk mereka kami membuka pelayanan dari jam 08.00 WIB pagi sampai dengan selesai.

“Jangankan sore, jam 00.00 WIB pun kalau masih ada masyarakat yang akan melakukan perekaman kami siap. Disamping itu, pihaknya juga membuka pelayanan bukan hanya Sabtu dan Minggu saja, tapi tanggal merah pun kami kerja sehingga semuanya dapat mempercepat proses penuntasan perekaman,” katanya.


Kesiapan blangko KTP-El masih ada 15 ribu. “Yang harus digaris bawahi, sesuai dengan intruksi Pak bupati, semua pelayanan Adminduk, harus selesai dalam waktu satu hari, tapi untuk KTL-El, kalau belum bisa di cetak langsung, kita berikan surat keterangan, atau suket, termasuk kabupaten/kota di Lampung. Kami dua hari yang lalu telah melakukan rapat, Insya Allah tidak ada hambatan semua,” kata Ketut, yang juga Ketua forum Kepala Disdukcapil kabupaten dan kota Lampung.

Dirinya juga menghimbau kepada masyarakat melalui aparat desa setempat, agar mengumpulkan warganya minimal 50 orang, bisa membuat surat formal, bisa melalui kelompok masyarakat atau boleh juga melalui Call Center Disdukcapil dengan nomor 08117833922.

“Kami siap melayani dan turun ke bawah, dan juga bila ada orang sakit, satu orang pun kami kejar, dimanapun warga itu berada dalam rangka nawacita bersama bapak Presiden, ini semua berkat arahan pak bupati Dendi Ramadhona bersama wakil nya bapak Eriawan, sesuai dengan misinya, bersama masyarakat Pesawaran mewujudkan pelayanan yang bersih, terpercaya dan melayani,” pungkasnya. (tm.fs)

Post A Comment: