Tanggamus-Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Tanggamus menetapkan Daftar Pemilih Tetap (DPT) untuk pemilihan gubernur (Pilgub) dan Pemilihan Bupati (Pilbup) Juni 2018.
Dari hasil rapat pleno yang diselenggarakan KPUD Tanggamus, jumlah mata pilih tetap di Kabupaten berjuluk Bumi Begawi Jejama ini sebanyak 440.522 pemilih dengan rincian laki laki 225.491 dan perempuan 215.031 sementara jumlah DPS 507.631 sehingga terdapat selisih 67.109.
Menurut Ketua KPU Tanggamus Otto Yuri Saputra terdapatnya selisih antara DPS dengan DPT karena saat perbaikan, ditemukan data ganda dan ada data pemilih yang tidak memenuhi syarat (TMS).
"Sebelum DPT ini ditetapkan lebih dulu dilakukan daftar pemilih sementara hasil perbaikan (DPSHP) yang dilakukan ditingkat PPK masing-masing. DPT ini penting karena menyangkut hak pilih masyarakat Tanggamus dalam menggunakan hak konstituonalnya pada 27 Juni 2018," ujar Otto, Rabu (18/4).
Lalu ditambahkan oleh Komisioner KPU, Divisi Perencanaan dan Data, Hayesta F. Imanda setelah sudah ditetapkannya DPT maka dibagikan kepada instansi terkait, Panwas dan tim dari masing-masing paslon untuk dicermati bersama.


"Hasil DPT sudah dibagikan, mari dicermati bersama-sama, kalau masih ada masyarakat yang memenuhi syarat sebagai pemilih namun belum terdata bisa disampaikan ke kami, nanti bisa disusulkan saat pleno DPT di KPU Provinsi Lampung," ujar Hayesta.


Hayesta juga tidak menampik, jika masih ada penambahan pemilih, mengingat masih ada warga yang melakukan perekaman data.


"Kan masih ada masyarakat yang melakukan perekaman data, nanti kalau sudah ditetapkan lewat pleno provinsi, masyarakat yang memenuhi syarat namun belum masuk sebagai pemilih, bisa datang ke TPS dengan membawa e-KTP atau surat keterangan (Suket) dari Disdukcapil mereka ini masuk dalam daftar pemilih tambahan (DPTb) bisa milihnya dari pukul 12.00 WIB hingga 13.00 WIB," ucapnya.


Sementara itu anggota Panwaslu Kabupaten Tanggamus, Ahmad Ngafan mengatakan bahwa ada perbedaan data antara yang dimiliki Panwaslu dengan KPU.


"Data yang kami punya 444.633 terdapat selisih 4.100 memang data dari kami bukan yang dipakai tapi ini bisa jadi bahan bagi KPU, yang jelas selama dua hari kedepan akan kita cermati lagi, " ujar Ahmad.


Turut hadir dalam rapat pleno DPT tersebut diantaranya, Kasdim 0424 Tanggamus Mayor (Inf) Suhada Erwin , Kasat Intel Iptu Andi Yunara, LO paslon Dewi-Syafii (De-Sa) Supianto, LO paslon Samsul Hadi-Nuzul Irsan (Sam-Ni) Fahruri dan PPK. (Agus).

Post A Comment: