Ketua Pansus DPRD Tanggamus saat menyampaikan beberapa catatan untuk Pemkab Tanggamus beberapa waktu lalu di Ruang Rapat Utama kantor DPRD setempat. foto Agus Nurmanto Pikiran Lampung 
Tanggamus-Ada beberapa catatan yang dilaporkan Panitia Khusus (Pansus) DPRD Tanggamus kepada Pemkab Tanggamus. 

Catatan itu disampaikan Pansus DPRD Tanggamus pada rapat paripurna LKPj Bupati Tanggamus 2017 beberapa waktu yang lalu di Rupatama DPRD setempat. 
Menurut Ketua Pansus LKPj, Pahlawan Usman dalam laporannya mengatakan, pertama, keamanan dan ketertiban masyarakat agar lebih ditingkatkan sehingga keamanan dan kenyamanan tercipta. Kedua, agar perizinan instansi terkait bersama aparat penegak perda dapat turun langsung melakukan sosialisasi dan pengawasan agar dapat meningkatkan PAD. 

"Ketiga, permasalahan lampu jalan, perlu penertiban mengingat pajak penerangan jalan yang dibayarkan mencapai nilai signifikan tapi faktanya masih kurang memuaskan. 
Selanjutnya kata Pahlawan Usman, Keempat, pelayanan kesehatan harus terus ditingkatkan, jangan sampai masyarakat kecewa dengan pelayanan puskesmas ataupun rumah sakit. Dan kelima kurangnya keamanan serta pengelolaan tempat-tempat rekreasi di Kabupaten Tanggamus.

"Lalu kemudian pemerataan pembangunan terutama sekolah sampai kepelosok-pelosok, banyaknya kendaraan milik pemkab Tanggamus yang kondisinya sudah tidak layak pakai lagi. Dan perlunya peningkatan mutu disetiap pembangunan di Kabupaten Tanggamus," kata Pahlawan.

Selain catatan sebagai bentuk kritikan, dalam kesempatan itu, Ketua Pansus LKPj juga mengapresiasi atas keberhasilan pemkab Tanggamus sehingga mendapat penghargaan baik level provinsi maupun nasional.

"Keberhasilan yang telah dicapai harus terus ditingkatkan karena masih banyak potensi di Kabupaten Tanggamus yang harus dikembangkan dan tantangan pembangunan akan semakin kompleks," ujar Pahlawan.

Dilanjutkan Usman, bahwa setelah pansus mempelajari LKPj tahun anggaran 2017, secara umum telah memenuhi target yang telah ditetapkan dalam RKPD, namun hal tersebut tentunya masih ada beberapa hal yang perlu disempurnakan, sehingga pansus memberikan sejumlah rekomendasi kepada eksekutif diantaranya menyarankan agar kebijakan umum pemkab Tanggamus mengacu pada RPJMD dan visi misi kepala daerah, program yang dibuat harus terukur, terencana serta bermanfaat dan dirasakan masyarakat, peningkatan PAD dengan memperhatikan sektor prioritas pada setiap OPD, meningkatkan penyerapan anggaran semaksimal mungkin.

"Peningkatan sektor perekonomian dengan memanggil investor untuk berinvestasi, melakukan percepatan pemerataan pembangunan infrastruktur terutama, jalan, jembatan fasilitas pendidikan dan kesehatan diwilayah yang sulit dijangkau," pungkas Pahlawan. (Agus). 

Post A Comment: