Foto ilustrasi suasana pasar. Ist
Tanggamus-Jelang hari raya Idul Adha 1439 H/2018 M, Pemkab Tanggamus akan memantau harga bahan pokok di empat pasar wilayah setempat.

Menurut Kasubag Produksi Irhamsyah Kundo mengatakan, pemantauan harga akan dilaksanakan di empat pasar yakni Pasar Kota Agung, Pasar Wonosobo, Pasar Gisting dan Pasar Talang Padang.
"Pemantauan harga bahan pokok itu akan dilaksanakan selama dua hari, yakni dimulai pada hari Senin (20/8) di Pasar Kota Agung dan Pasar Wonosobo, lalu Selasa (21/8) di Pasar Gisting dan Talang Padang," kata Irhamsyah mewakili Kabag Ekonomi Setda Tanggamus Suyanto, Kamis (16/8).
Irhamsyah mengatakan, pihaknya akan fokus pada pemantauan harga, stok bahan pokok, ada tidaknya penggunaan zat berbahaya pada makanan, dan kondisi barang yang rusak atau kadaluarsa.

"Itu sama dengan fokus pantauan jelang Idul Fitri atau hari besar agama lainnya," katanya.
Pantauan pasar tersebut, lanjut Irhamsyah, akan dilaksanakan bersama dinas terkait di antaranya Dinas Perdagangan dan Pasar, Dinas Perikanan, Dinas Peternakan, Dinas Pertanian Tanaman Pangan dan Hortikultura, Dinas Ketahanan Pangan, Dinas Kesehatan dan aparat kepolisian.
"Sebenarnya kalau pantauan rutin, kami selalu laksanakan, namun karena ini jelang hari besar maka bersama-sama. Kalau monitoring kami selama ini untuk stok termasuk mencukupi," ujarnya.
Selanjutnya Irhamsyah berharap, tidak ada lonjakan harga yang drastis jelang Idul Adha, hal yang rawan adalah harga elpiji 3 kg. Meski sejauh ini tidak ada lonjakan karena stok mencukupi.
"Untuk operasi pasar, kali ini tidak dilaksanakan. Sebab waktunya sudah sangat mepet dengan hari raya Idul Adha, ditambah lagi, selama ini tidak ada permintaan untuk menggelar operasi pasar," pungkasnya. (Agus).

Post A Comment: