Menag Lukman Hakim Saifuddin.ist
Jakarta-Tertangkapnya Ketua umum PPP Romahurmuziy atau biasa disebut Romy, diyakini banyak kalangan bakal merembet ke pihak.yang lain. Terutama kementrian Agama.Sebab, dari informasi terbaru,.KPK menemukan sejumlah uang di ruang kerja Menteri Agama.

Oleh karenanya, Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin tidak tertutup kemungkinan bakal diperiksa KPK sebagai saksi dalam kasus dugaan suap jual beli jabatan di Kementerian Agama yang menjerat Ketua Umum PPP Romahurmuziy atau Romy. Hal itu diungkapkan juru bicara KPK, Febri Diansyah, Senin (18/03).
Spekulasi pun berkembang, mungkinkan Lukman Hakim Saifudin terseret? Wakil Ketua DPR RI Fahri Hamzah turut mengomentari kemungkinan ‘keterlibatan’ Lukman Hakim. Menurut Fahri, Romy tidak mempunyai kewenangan memindahkan jabatan dalam jajaran Kemenag. Romy juga anggota DPR di Komisi yang tidak terkait. Artinya, pasti menteri yang mempunyai kewenangan.
Rommy tidak punya kewenangan memindahkan jabatan dalam jajaran Kemenag…dia juga anggota komisi tak terkait…artinya pasti menteri yang punya kewenangan dong…,” tulis Fahri di akun Twitter @Fahrihamzah, mengomentari tulisan bertajuk “Kasus Rommy, KPK Bakal Panggil Menteri Agama”.
Lukman Hakim sendiri telah menegaskan bahwa kasus yang menjerat Romy merupakan persoalan hukum yang bersifat pribadi. Menurut Lukman Hakim, peristiwa yang terjadi pada Romahurmuziy, Kepala Kantor Wilayah Kemenag Jatim Haris Hasanuddin, Kepala Kantor Kemenag Kabupaten Gresik Muhammad Muafaq Wirahadi, adalah peristiwa hukum yang bersifat personal, yang merupakan tanggungjawap pribadi.

Pernyataan Lukman Hakim itu dimaknai oleh banyak pihak sebagai upaya cuci tangan terhadap kasus Romy. Pemikir Islam Isnawan Aslam mengibaratkan upaya Lukman Hakim itu sebagai upaya mencuci noda yang menempel di badan, tetapi tidak bisa dilakukan, karena yang menempel adalah sebuah tatto.
“Lukman Hakim ibarat ingin mencuci noda yang menempel di badannya. Tidak bisa. Karena, noda itu ternyata sebuah tatto. Sialnya, orang-orang sudah tahu kalau di badan Pak Menag ada tatto-nya,” tulis Isnawan di akun @kangnawan
Sindiran keras sempat dilontarkan mantan Sekretaris Kabinet Dipo Alam. Dipo mengaitkan ‘kedekatan’ Romy dengan Presiden Joko Widodo yang tergambar dari sejumlah foto Romy-Jokowi, dengan ‘kuatnya’ pengaruh Romy.
“Siapa yang tidak ‘sungkan/takut’ sekalipun ia Menteri. Banyak dokumentasi tersangka “R” bersama beliau semobil, sepesawat khusus? Adakah photo Menteri, seperti beberapa dokumentasi photo-photo  R dengan beliau? @RamliRizal …,” tulis Dipo Alam di akun @dipoalam49. @dipoalam49 melampirkan salah satu foto yang dimaksud.(Era Muslim/p1).

Post A Comment: