Tanggamus--Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas IIB Kota Agung melaksanakan kegiatan penanaman pohon berjenis palem disekitar area lapas setempat, Jumat (22/3/2019).

Kasubag TU Lapas Kelas IIB Kota Agung Syamsudin mewakili Kalapas setempat Sohibur Rachman mengatakan, kegiatan tersebut dilaksanakan dalam rangka memperingati hari Bakti Pemasyarakatan ke 55 tahun. Dan ini merupakan kegiatan serentak yang dilaksanakan diseluruh UPT Pemasyarakatan yang ada di Indonesia.

"Kegiatan penanaman pohon ini juga salah satu kegiatan dalam hal penghijauan lingkungan agar kelihatan asri. Dan ini seruan langsung dari Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia Direktorat Jenderal Pemasyarakatan RI. Dimana seluruh UPT Pemasyarakatan yang ada di Indonesia untuk melaksanakan kegiatan ini," ujar Syamsudin usai melaksanakan penanaman pohon.

Selain itu juga, lanjut Syamsudin, penanaman bibit pohon palem sebanyak 50 batang ini bertujuan untuk menciptakan daerah resapan air. Apabila hujan dengan intensitas tinggi dengan durasi yang cukup lama mengguyur, maka tidak akan menyebabkan penggenangan air atau banjir. Disisi lain, nantinya keberadaan pohon palem yang ditanam akan lebih memperindah suasana Lapas setempat.

"Kenapa dipilih pohon palem, karena sesuai dengan arahan dari Dirjen Pemasyarakatan jenis pohon yang ditanam memiliki aspek pemanfaatan diantaranya mampu tumbuh diarea terbuka dibawah sinar matahari, mampu bersaing dengan rumput liar, mudah bertunas bilamana terbakar dan terpangkas, pohon yang bisa dirasakan pemanfaatannya oleh masyarakat, dan poin terakhir bisa digunakan untuk penyerapan air," jelasnya.

Dirinya berharap, bibit pohon palem yang ditanam disekeliling area lapas dapat tumbuh dengan subur. "Kalau sudah besar dan tinggi, maka lingkungan kita akan jauh terlihat lebih indah, asri dan sudah pasti sejuk. Karenakan penghijauan lingkungan juga sangat diperlukan. Ini juga merupakan salah satu langkah dalam hal mendukung gerakan Go Green," pungkasnya.(Yusuf)

Post A Comment: