Pesawaran (Pikiran Lampung)
Bertempat di Aula Rumah Makan D'Junjungan Desa Suka Banjar Kecamatan Gedong Tataan Kabupaten Pesawaran, Jumat (26/04/19) Polres, KPU serta Bawaslu Kabupaten setempat mengadakan silaturahmi dengan sejumlah Partai Politik Peserta pemilu dan masyarakat.
Silaturahmi ini dalam rangka merajut Persatuan dan kesatuan Bangsa pasca Pemungutan suara pemilu presiden dan legislatif Tahun 2019 di Kabupaten Andan jejama ini.

Dalam sambutannya, AKBP POPON ARDIANTO SUNGGORO, S.IK, SH.selaku Kapolres Pesawaran mengatakan, agar seluruh unsur lapisan masyarakat di Kabupaten Pesawaran tetapa bersama sama menjaga agar Kabupaten Pesawaran tetap terus aman damai dan sejuk setelah Pemilu.

"Mari kita Bersama-sama bersinergi menjaga wilayah pesawaran aman damai dan sejuk setelah proses pemungutan suara menunggu hasil realcount KPU,"ujar Kapolres.

Menurut nya, Polri dan TNI akan terus mengawal proses demokrasi  hingga tuntas, upaya preventif dan menghormati kearifan lokal akan tetap dikedepankan, namun demikian penegakan hukum atas pelanggaran dan atau pidana juga tidak dikesampingkan sesuai dengan azas hukum yang berlaku.

"Kami Dari Polri dan TNI akan terus mengawal Proses Demokrasi ini hingga Tuntas dan akan melaksanakan dan menindak siapa pun yang melagar hukum,akan tetapi kami juga akan tetap berupaya secara preventif serta tetap menghormati kearipan lokal yang ada di pesawaran,"tegas Kapolres.

Ia juga mengatakan, bahwa Pemilu adalah proses demokrasi, pemilu adalah sebuah harapan rakyat dengan memilih pimpinan dan wakil rakyat yang bisa membawa kesejahteraan dan kemakmuran bangsa.

"Perbedaan pilihan adalah bentuk kebebasan berdemokrasi namun tujuan paling penting adalah persatuan dan kesatuan bangsa,
Saya atas nama Kepolisian RI mengajak seluruh elemen utk masyarakat pesawaran bahwa kita akan mengedepankan situasi kondusif meski dalam perbedaan pilihan,"Tutup nya.

Semantara itu, Aminudin, Ketua KPUD Pesawaran mengatakan, untuk pelaksanaan pleno kecamatan terakhir diperkirakan adalah Kecamatan Gedong Tataan yang selesai pada hari Senin atau Selasa. Hal ini akan berdampak pada pelaksanaan pleno di tingkat kabupten, dan akan mrreka laksanakan pada hari kamis tanggal 2 Mei 2019.

"Saya harapkan nantinya tidak ada permasalahan pada pelaksanaan pleno tingkat kabupaten, karena semua permasalahan telah selesai di tingkat PPK, kami pun hanya akan mengacu pada formulir DA 1 Plano yang PPK serahkan kepada kami,"harap Aminudin.

Menurutnya, pemilu ini adalah pemilu yang berat, untuk Kabupaten Pesawaran terdapat  3 orang penyelenggara pemilu yang meninggal dunia, yaitu,KPPS TPS 4 Desa Bagelen, Anggota KPPS TPS 03 Desa Bangun Sari, Linmas TPS Desa Sukaraja, serta sakit 7 orang. "Meski pemilu ini kita rasakan sangat berat saya berharap agar kita dapat menyelesaikan tugas ini dengan baik,Saya juga  meminta maaf, para PPS, PPK, KPUD apabila dalam pelaksanaan penyelenggaraan trdapat kekurangan,"pungkasnya.

Kegiatan tersebut dihadiri oleh:
1. Kapolres Pesawaran AKBP POPON ARDIANTO SUNGGORO, S.IK, SH.
2. Wakapolres Pesawaran K
3. Pabung Kodim 0421 Lampung Selatan Mayor Suprapto.
4. Ketua KPUD Pesawaran
5. Ketua Bawaslu Pesawaran
6. Kaban Kesbangpol Kab.Pesawaran.
7. Perwakilan Ketua Parpol: Golkar, PAN, PKS, PKPI.
(feri)

Post A Comment: