Assalamu'alaikum
Warahmatullahi' Wabarakatuh..
Tabikpuun..
Membaca berita hasil pleno hitung dan rekap KPU Lampung, yang menempatkan saya (ANDI SURYA) pada posisi urut 6 segmen Caleg DPD RI, maka tentu periode selanjutnya (2019 - 2024) saya sebagai incumbent *akan mengakhiri dan beristirahat* dari dunia parlemen DPD RI setelah 3 periode berturut2 (15 tahun) menjalani peran sebagai wakil rakyat baik di DPRD Provinsi Lampung maupun Senayan Jakarta (2004 sd 2019).

*Saya mengucapkan selamat kepada Yth. seluruh Rekan, Sahabat dan Tokoh terpilih sebagai Anggota Parlemen (lokal maupun nasional, partai maupun independen), semoga dapat menjalankan kepercayaan rakyat Lampung dengan sukses dan amanah.*

Ke depan, barangkali saya perlu mengingatkan kepada kita semua terutama penyelenggara pemilu. Bahwa dalam catatan dan pengalaman saya 4x ikut kontestasi pemilu legislatif secara berturut2, *pemilu kali ini cenderung paling krusial dan memprihatinkan*.

Mengapa? Ada 500an KPPS yang meninggal dunia dan ribuan menderita sakit. Selain itu maraknya berita, dugaan dan *indikasi politik transaksional yg cenderung terstruktur, sistematif dan masif* cukup mewarnai jagad perpolitikan Lampung. Terdapat indikasi rakyat pemilih marjinal terbiasakan dengan pragmatisme politik transaksional sehingga pada akhirnya mendistorsi  demokrasi dalam proses pemilu.

*Namun begitu, saya berharap Rekan2 yang terpilih tetap mampu menjadi agregator kebijakan publik yang terhormat dan mumpuni di tengah2 proses pemilu legislatif yang menurut saya berindikasi cukup mengkhawatirkan saat ini.*

Ke depan mari sama-sama kita perbaiki dan menjaga kualitas pemilu agar Indonesia khususnya Lampung lebih bermartabat secara demokrasi dan politik.

Dalam suasana masih di Bulan Ramadhan, *saya mengucapkan terimakasih kpd seluruh teman2 yg telah bekerjasama selama ini, warga pendukung dan rakyat Lampung serta mohon maaf atas segala kekhilafan* karena pada Oktober 2019 mendatang saya tentu akan mengakhiri peran sebagai wakil rakyat Lampung di segmen politik independen DPD RI.

Selanjutnya beberapa aspirasi rakyat Lampung yang berada dalam kendali saya di DPD RI saat ini *(antara lain; konflik lahan Gronkaart PT. KAI, HPL Waydadi & Panjang Pidada, konflik kawasan Register Lamsel Mesuji Lamteng, konflik Kawasan Gunung Balak Way Jepara, Konflik Buruh Panjang, Buruh Angkut Semen, Status Lahan Sukapura Kec. Sumberjaya Lambar, FGD DKI Lampung, status Guru K2, Hibah Lahan Kantor DPD RI, dll)* baik yang sudah, sedang dan akan dimajukan secara nasional *menjadi tanggungjawab dan tugas rekan-rekan Agt DPD RI terpilih* untuk kesinambungan aspirasi warga nantinya.

Akhirnya, menjelang purna tugas saya, ke depan saya akan lebih banyak mengabdikan diri kepada keluarga dan DUNIA PENDIDIKAN/AKADEMIK yang telah turut membesarkan yaitu *UNIVERSITAS MITRA INDONESIA (UMITRA)* dan *GLOBAL SURYA ISLAMIC & BOARDING SCHOOL (GS-IBS)* sebagai Ketua Yayasan. Tentu saya akan tetap ikut berkiprah semampunya dalam kegiatan2 sosial kemasyarakatan lain khususnya di Bandarlampung dan Provinsi Lampung umumnya.

Semoga Allah SWT senantiasa menganugerahkan kesehatan, kesuksesan dan rahmat serta hidayah-NYA kepada kita semua. Aamiin Yra...

Wassalamualaikum Wr Wb


*DR. H. ANDI SURYA*

Post A Comment: