Ketua DPRD Pesawaran, M. Nasir,  saat menyerahkan piala, piagam, dan hadiah perlombaan desa berprestasi, kepada Sariman, Kepala Desa Tresnomaju, Kecamatan Negeri Katon. Foto: Zainal Prabu/Pikiran Lampun
Pesawaran (Pikiran Lampung)-Setelah melalui berbagai tahapan penilaian, mulai  tahap administrasi hingga peninjauan lapangan, akhirnya Desa Tresno Maju, Kecamatan Negeri Katon, Kabupaten Pesawaran berasil meraih juara tiga di ajang lomba desa tingkat kabupaten tahun 2019.

Kepala Desa Tresno Maju, Kecamatan Negeri Katon, Pesawaran, Sariman mengaku, prestasi tersebut merupakan buah atas kerja sama dan kerja keras semua aparat desa, LPM, BPD, RT, RW, dan tokoh masyarakat desa setempat.

"Ini berkat kerja sama dan koordinasi  yang baik antar aparat desa maupun lembaga desa dan masyarakat setempat,"kata Sariman kepada 'Pikiran Lampung" saat dikonfirmasi usai kegiatan tersebut, Kamis (2/5/2019) kemarin.

Dijelaskan Sariman, ditetapkannya Desa Tresno Maju sebagai juara tiga di ajang ini, tidak melalui proses yang mudah. Melainkan pihaknya menghadapi banyak tantangan. Selain itu tetap menjaga koordinasi dengan semua perangkat pemerintahan yang ada.

"Mungkin kepala desa lain terlalu sibuk sehingga tidak fokus mempersiapkan lomba,  tapi saya berusaha untuk melibatkan semua masyarakat desa. Bukan hanya untuk lomba ini, tapi dalam segala hal,"ungkapnya.

Terkait aspek yang dinilai, tambahnya, selain menilai swadaya masyarakat, di desa tersebut juga telah diprogramkan pembangunan badan jalan, usaha pertanian padi dan jagung. Saat ini program kerja desa tersebut sudah berjalan dengan baik.

“Selaku kepala Desa Tresno Maju, saya sangat mengharapkan dukungan dan kerja sama pemerintah, khususnya dinas terkait dan masyarakat setempat, agar pembangunan desa lebih baik lagi ke depannya,” harapnya.

 Terpisah, Bupati Pesawaran H. Dendi Rahmadhona mengucapkan terima kasih dan selamat datang kepada Penilaian Lomba Desa, BBGRM Ke-16 dan BUMDes Tingkat Provinsi Lampung di Desa Wates Way Ratai Kecamatan Way Ratai dan Desa Pesawaran.

Disamping itu juga, Dendi mengharapkan dengan adanya kegiatan ini, menjadi semangat kerja sama untuk mewujudkan pemerintah desa yang inovatif dan akuntabel menuju masyarakat yang lebih maju, mandiri, dan sejahtera.

"Disamping itu juga
diharapkan setiap desa setelah ini dapat meningkatkan desanya untuk memperbaiki masing-masing desanya,"kata Dendi.

Untuk kegiatan PKK, kata Dendi, saya berharap
Tim Penggerak PKK desa dapat berperan aktif sebagai motivator, fasilitator, perencana, pelaksana dan pengendali serta penggerak pembinaan teknis kepada keluarga dan masyarakat serta selalu berkoordinasi dengan  PKK Kecamatan, PKK Kabupaten dan dinas instansi terkait.

"Mengacu dari himbauan Mendagri, saya meminta
 kepada seluruh Kepala Desa agar dana desa tidak hanya digunakan untuk kegiatan fisik saja, tetapi juga dipergunakan untuk peningkatan sumberdaya manusia dan kegiatan-kegiatan pemberdayaan keluarga di desa, terutama kegiatan 10 program PKK,"pintanya.

Sekedar diketahui, dalam lomba desa tingkat kabupaten tersebut juara 1 di raih oleh Desa Wates Way Ratai, Kecamatan Way Ratai dengan Kepala Desanya Andes Irawan, dan juara 2 diraih oleh Desa Trimulyo, Kecamatan Padang Cermin, dengan Kepala Desanya Tasman, serta juara 3 diraih oleh Desa Tresno Maju, Kecamatan Negeri Katon dengan Kepala Desanya Bapak Sariman.

Sehubugan dengan itu pelaksanaan lomba di pusatkan di lapangan Desa Wates Way Ratai dan Desa Pesawaran Indah, Kecamatan Way Ratai, Kamis (2/5/2019) kemarin. (enal)

Post A Comment: