Bandarlampung (pikiran Lampung)-Presiden Joko Widodo resmi melantik Arinal Djunaidi dan Chusnunia Chalim sebagai Gubernur dan Wakil Gubernur Lampung masa jabatan 2019-2024. Pelantikan berlangsung di Istana Negara, Jakarta, Rabu (12/6) siang.

Prosesi pelantikan diawali dengan penyerahan petikan surat keputusan presiden oleh Presiden Jokowi kepada Arinal-Chusnunia.
Turut hadir Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto, Ketua Umum PKB Muhaimin Iskandar serta Ketua Umum PAN Zulkifli Hasan.

Hadir juga Ketua DPD Oesman Sapta Odang Wakil Ketua MPR Hidayat Nur Wahid dan sejumlah menteri kabinet kerja.

Dari Lampung, tampak hadir ketua DPRD Deddy Afrizal (PDIP), wakil ketua  Patimura (Garindra), Ismet Roni (Golkar), dan Johan Sulaiman (PKS). Hanya Imer Darius, wakil ketua DPRD Lampung dari Fraksi Partai Demokrat yang tak nampak.

Penyerahan surat keputusan ini dilaksanakan di Ruang Kredensial, Istana Merdeka.

Setelah itu, Presiden Jokowi, Wapres Jusuf Kalla, Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo, dan Arinal-Chusnunia berjalan bersama-sama dari Istana Merdeka menuju ke Istana Negara.

Sejumlah pasukan kirab lengkap dengan alat musik mengiringi perjalanan rombongan.

Setibanya di Istana Negara, prosesi diawali dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya, kemudian dilanjutkan dengan pembacaan surat Keputusan Presiden Nomor 49/P tahun 2019.

Setelah itu, acara dilanjutkan dengan pengambilan sumpah jabatan. Presiden Jokowi yang memimpin prosesi pengambilan sumpah jabatan ini.

Selanjutnya, Arinal-Chusnunia menandatangani berita acara pelantikan.

Sebagai acara penutup, Presiden serta seluruh tamu undangan memberikan ucapan selamat kepada gubernur dan wakil gubernur yang baru saja resmi menjabat.

Arinal-Chusnunia terpilih dalam pilgub 2018 lalu. Keduanya diusung Partai Golkar, PKB dan PAN. (dbs)

Post A Comment: