Foto istimewa
Yokyakarta- Momen Hari Raya Idul Fitri digunakan oleh umat Islam untuk saling berkunjung dan bersilaturahmi dengan sanak saudara.

Hal yang sama dilikukan oleh Raja Keraton Yogyakarta yang juga Gubernur Daerah Istimewa Yogyakarta, Sri Sultan Hamengkubuwono X. Pria yang biasa disapa Ngarso Dalem atau Sinuhun ini menggelar acara open house dan  menerima Sungkrman dari rakyat di Kompleks Kantor Gubernur DIY, kepatihan Senin (10/6/2019).

Acara open house ini diikuti oleh ribuan warga dari berbagai daerah. Saat open house, Sultan HB X ditemani oleh sang istri, GKR Hemas, Kanjeng Gusti Pangeran Adipati Arya (KGPAA) Paku Alam X bersama sang istri, Gusti Kanjeng Bendoro Raden Ayu Adipati (GKBRAyA) Paku Alam. 
Salah seorang warga yang datang, Rejo Pawiro, mengaku sengaja datang bersama keluarga untuk ikut acara open house. Warga Sedayu, Kabupaten Bantul ini senang bisa ikut open house karena bisa bersalaman langsung dengan Raja Kraton Yogyakarta.Sengaja datang bersama keluarga untuk ketemu Sultan HB X. Senang rasanya bisa bersalaman dengan Raja Keraton Yogyakarta," kata Rejo
Rejo mengungkapkan, acara open house merupakan momentum yang tepat bagi masyarakat untuk bisa bertemu langsung dengan Sultan HB X. Kedekatan antara Sultan HB X dengan warga dianggap Rejo bisa semakin terjalin dengan adanya open house yang rutin digelar setiap tahunnya.
Sementara itu, Sekretaris Daerah Pemerintah DIY, Gatot Saptadi, mengatakan acara open house selalu diikuti pada hari pertama kerja. Acara open house selain diikuti oleh pegawai di Kantor Gubernuran juga diikuti oleh masyarakat biasa.
Gatot mengungkapkan acara serupa nantinya juga akan digelar di sejumlah lokasi lainnya. Di antaranya di Kabupaten Sleman, Bantul, Kota Yogyakarta, Kulon Progo, dan Gunungkidul. 
Dia menambahkan pihaknya menyiapkan berbagai menu makanan untuk menyambut ribuan masyarakat yang hadir. "Kami siapkan empat ribu porsi makanan, seperti soto, aneka jenang, nasi liwet, bakmi, dan berbagai jenis minuman. Harapannya masyarakat yang hadir bisa menikmati," kata Gatot. (Viva.co/p1)

Post A Comment: