Tubaba (Pikiran Lampung)- Limbah perusahan karet yang ada di Kabupaten Tulangbawang Barat (Tubaba) diduga telah mencemari salah aliran Sungai yang ada di daerah tersebut.Benarkah?

Warga sekitar aliran sungai Dusun Sukamaju atau kerap disebut Tulung Sawo, Tiuh Panaragan, Kecamatan Tulangbawang  Tengah, Tubaba, disibukkan mencari ikan di aliran sungai tersebut, Selasa (31/7/ 2019).

Warga sekitar menduga ikan yang mati tersebut akibat keracunan limbah perusahan karet yang ada di lingkungan tersebut yakni PT. Komering Jaya Perdana (KJP).

Salah satu warga sekitar yang meminta namanya tidak ditulis menjaskan,  sesampai di sungai dia terkejut. Karena melihat ikan pada mengambang. " Lantas saya  menelusuri sungai untuk  mencari siapa tau ada warga yang menebar racun (putas) namun tidak ada. lantas saya pulang dan mengajak warga untuk mengambil ikan-ikan tersebut,” katanya.

Selanjutnya, dia bersama-sama warga sekitar langsung mencari ikan di sungai tersebut. 'Kami masuk ke dalam air tersebut, terciumlah aroma busuk bau limbah karet kayaknya, Mungkin bisa jadi limbah PT KJP, ”terangnya.

Di tempat terpisah, salah satu warga Tirta kencana mengatakan, ikan-ikan di sungai tempatnya juga pada mabuk dan banyak yang mati." Bau airnya juga bau limbah karet, bisa jadi ini diduga diakibatkan oleh limbah PT KJP, Tapi bisa juga ini limbah-limbah penimbang karet yang limbahnya dibuang ke sungai,”jelasnya.

Sampai berita ini diterbitkan, belum ada yang bisa dimintai keterangan, baik dari pihak PT. Komering Jaya Perdana (KJP) dan dinas Lingkungan hidup kabupaten setempat.(Joe/ay)

Post A Comment: