Lamsel (Pikiran Lampung)- Mendekati hari Raya Idul Fitri 1444 Hijriah yang diperkirakan jatuh pada hari Jumat (21/4/2023) besok, warga dari pulau Jawa terus berdatangan ke Pulau Sumatera melalui pelabuhan Bakauheni dan Bandara Internasional Radin Intan Lamsel.

Bertalian dengan ini, PT ASDP Indonesia Ferry Cabang Bakauheni, Lampung mencatat jumlah pemudik yang menggunakan jasa penyeberangan Pelabuhan Bakauheni menuju Pelabuhan Merak, Banten, per Rabu atau tiga hari menjelang Idul Fitri (Lebaran) 1444 Hijriah/2023 telah menembus angka 51.208 orang.

General Manager PT ASDP Cabang Bakauheni Rudi Sunarko, di Bakauheni mengatakan, dari jumlah penumpang tersebut di antaranya 1.710 penumpang pejalan kaki, dan penumpang di dalam kendaraan sebanyak 49.498 orang.

"Berdasarkan data untuk jumlah penumpang yang melakukan penyeberangan ke Pelabuhan Merak itu terus mengalami kenaikan," kata Rudi Sunarko, di Bakauheni, kemarin.

Ia menyampaikan data Angkutan Lebaran 2023 di Pelabuhan Bakauheni pada 18 April 2023 pukul 08.00 WIB sampai dengan 19 April 2023 pukul 08.00 WIB. Jumlah penumpang terus mengalami peningkatan.

Dia menambahkan, jumlah kendaraan pribadi yang menyeberang sebanyak 6.550 unit. Jumlah ini jauh meningkat dari satu hari yang lalu hanya sebanyak 5.517 unit.

Untuk jumlah bus, kata dia lagi, pada hari ini mengalami penurunan, dibandingkan hari kemarin yang menyeberang sebanyak 631 unit, sedangkan pada hari ini sebanyak 606 unit.

Tetapi, kata dia pula, jumlah truk dan kendaraan besar mengalami penurunan. Jumlah truk hanya 1.326 unit, mengalami penurunan dari hari kemarin sebanyak 1.702 unit.

Ia juga menyampaikan, untuk jumlah kendaraan roda dua hari ini mengalami kenaikan namun tidak terlalu signifikan.

"Jumlah penumpang kapal dengan menggunakan kendaraan roda dua pada hari ini sebanyak 525 unit, jumlah itu mengalami penurunan dari hari kemarin yang hanya 408 unit," katanya pula.

Rudi Sunarko mengimbau kepada pengguna jasa penyeberangan agar dapat membeli tiket Ferizy dari jauh hari.

"Jadi kami mengimbau untuk calon pemudik dari Pulau Jawa ke Sumatera dan sebaliknya yang akan menggunakan jasa penyeberangan ASDP untuk membeli tiket dari jauh hari," katanya lagi.

Sementara itu, Pelabuhan Bakauheni, Lampung dipadati ratusan kendaraan roda empat pemudik yang hendak menuju Pelabuhan Merak, Banten pada H-3 Lebaran 2023.

Berdasarkan pantauan pada Rabu siang, terdapat ratusan kendaraan roda empat memadati Dermaga Eksekutif dan Reguler serta pintu masuk pengecekan kendaraan di Pelabuhan Bakauheni.

Ratusan pemudik kendaraan roda empat tersebut memadati Pelabuhan Bakauheni untuk menunggu antrean masuk ke dalam area pelabuhan.

Kendaraan roda empat di Pelabuhan Bakauheni tersebut terpantau pada pukul 11.00 WIB sampai 13.00 WIB menunjukkan kondisi yang ramai lancar.

Sejumlah kendaraan tersebut secara bergantian diperiksa di area pengecekan oleh pihak kepolisian yang bertugas.

Kendaraan pemudik tersebut didominasi dengan pelat nomor kendaraan dari Sumatera, yaitu BK, BE, BM, dan BG, namun terlihat juga pelat daerah di Pulau Jawa seperti B, A, F dan D.

Meski terjadi kepadatan kendaraan roda empat di area depan pelabuhan dan sejumlah kantong parkir dermaga eksekutif, dan reguler, namun tidak menimbulkan kemacetan yang panjang dan terlihat berjalan lancar dan aman.

Berdasarkan pantauan di lokasi pada pukul 09.00 WIB sampai pukul 13.30 WIB terlihat para pemudik terus berdatangan dan memadati Pelabuhan Bakauheni. 

Berdasarkan data di posko Pelabuhan Bakauheni terdapat 106.637 penumpang yang melakukan perjalanan menuju Pelabuhan Bakauheni, Lampung.

Kemudian untuk jumlah kendaraan yang datang dari Pelabuhan Merak, Banten ke Pelabuhan Bakauheni 23.515 unit.

Dari data tersebut terpantau sejumlah kendaraan yang baru keluar dari dalam kapal memadati di Pelabuhan Bakauheni. (ant/PL)

 

Post A Comment: