Jakarta (Pikiran Lampung
) -Warga yang mendiami hutan kawasan register 40 di Kecamatan Jati agung, Kecamatan Lampung Selatan, mendatangi Kementerian Lingkungan Hidup di di Jakarta. 

 Perwakilan warga yang mendiami hutan registet ini menamakan diri dari  Aliansi Masyarakat Sumatera (AMS) Lampung Selatan. 

Mereka melakukan aksi unjuk rasa di depan Gedung Kementerian Lingkungan Hidup Dan  Kehutanan Republik Indonesia , Jum'at (21 Juli 2023).


Adapun perwakilan masyarakat Dari enam Desa yaitu, Desa Sumber Jaya , Desa Karang Rejo ,Desa Sinar Rezeki,Desa go Lestari,Desa Purwotani Dan Desa Sidoharjo , Menyampaikan Aspirasinya untuk meminta kementerian KLHK-RI agar segera turun dan meninjau lokasi kawasan hutan Register 40 yang berada di 6 Desa , Kecamatan Jati Agung, Kabupaten Lampung Selatan Provinsi Lampung. "Yang mana setatus  tanah permukiman dan peladangan masyarakat saat ini masih berstatus"SURAT KETERANGAN GANTI RUGI GARAPAN, ",sebut Agus Wanto,salah satu orator dari masyarakat Desa Karang Rejo.

Ruslimin , perwakilan masyarakat dari Desa Sumber Jaya juga menambahkan dalam orasinya,,  sebagai masyarakat taat membayar Pajak Bumi Bangunan (PBB), di 6 desa mereka juga sudah banyak pasilitas umum ,mulai dari Puskesmas ,Sekolah Negeri, Pondok Pesantren, Rumah ibadah, bahkan sedang di bangun Universitas. "Kenapa Desa kami masih  berstatus Kawasan hutan Register 40,, Dimana Peraturan Presiden-RI nomor 88 tahun 2017, hari ini kami minta kepada pihak kementerian KLHK-RI untuk menerima audiensi kami agar kami bisa mendapatkan kejelasan untuk menindak lanjuti aspirasi kami ini," tutupnya. 

Tidak lama berorasi, Novan selaku ketua Tim-AMS meminta pihak Humas menerima  audiensi masyarakat,Dan berdiskusi di ruangan bersama, Bpk.Herban -Direktur Pengukuhan dan Penata Gunaan Batas Kawasan Hutan,

Dalam kesempatan itu.B.Marpaung-Direktorat PKTHA dan Carles-Dikjend.Penegakan Hukum, dan Humas KLHK-RI, menerima perwakilan warga untuk diskusi. 

Dalam diskusi tersebut Novan meminta kepada Bpk Herban dan jajarannya untuk segera meninjau lokasi yang ada  di  6 desa kecamatan Jati Agung, Kabupaten Lampung Selatan, Provinsi Lampung, Apabila pihak kementerian KLHK-RI tidak menindak lanjuti aspirasi yang sudah kami sampaikan hari ini ,Minggu depan kami akan melakukan aksi lanjutan unjuk  rasa di Depan Istana Negara-RI pada tanggal 26 Juli 2023, acara audensi ditutup dengan penyerahan dokumen dari masyarakat. (joe) 

Post A Comment: