Lamtim (Pikiran Lampung
) -Gubernur Lampung, Arinal Djunaidi melakukan panen raya buah Alpukat di Desa Girimulyo, Kecamatan Marga Sekampung, Kabupaten Lampung Timur, Rabu, 06 September 2023.

Gubernur Lampung Arinal Djunaidi melakukan panen raya buah Alpukat didampingi Wakil Bupati Lampung Timur Azwarhadi dan OPD terkait.

Terlihat buah Alpukat yang dipanen sangat lebat dan buahnya besar. Setidaknya terdapat 25 batang buah Alpukat yang memenuhi pandangan mata.


Pada kesempatan tersebut Gubernur Lampung, Arinal Djunaidi mengatakan, di Desa Girimulyo, Kecamatan Marga Sekampung, buah Alpukat dapat tumbuh dengan baik.

"Sumber airnya yang  sulit sehingga insha Allah akan memberikan bantuan sumur Bor agar tumbuh dengan sangat baik," ujar Arinal.

Pihaknya juga mengatakan hal tersebut merupakan perwujudan untuk Lampung sebagai lumbung pangan. Menurutnya, buah Alpukat dan beberapa komoditi lain seperti kedelai masih impor.

"Buah Alpukat masih impor sehingga ada beberapa komoditi yang kita harapkan seperti kedelai akan kita kurangi impornya. Saya berharap ke depan para petani kita dapat memenuhi kebutuhan Alpukat di pasar di Jakarta, Lampung, dan beberapa provinsi terdekat," harapnya.

Jenis Siger

Jumadi pemilik kebun mengatakan, Alpukat miliknya adalah Alpukat jenis Siger.

"Alpukat kita ini jenis Siger, jenis Alpukat daun lebar dimana Alpukat ini tanpa ada treatment pembuahan Alpukat ini tidak akan berbuah walaupun batangannya tumbuh sebesar pohon kelapa. Jadi itu harus ada treatment biar bisa buah. Tadi kita baru saja panen, bulan 10 nanti kita juga panen dan nanti bulan 1 tahun depan kita akan panen lagi," ujar Jumadi.

Menurutnya, luas lahan miliknya, yakni setengah hektare dengan 25 batang pohon buah Alpukat. Ia juga mengaku bangga dan senang bisa panen bersama Gubernur Lampung.

"Alhamdulillah kita merasa senang merasa bangga petani kecil seperti kita bisa panen bareng dengan orang nomor 1 di Lampung pak Gubernur untuk melihat hasil tanaman kita. Kemudian merasakan apa yang sudah kita perjuangkan dari tahun 2010 hingga saat ini," pungkasnya. (Supriyadi)

Post A Comment: