Lampura (Pikiran Lampung
) - Pihak Kepolisian Resort Lampung Utara (Polres Lampura) merespon cepat adanya dugaan penyimpangan bantuan pangan di Desa Gilih Suka Negeri, Kecamatan Abung Selatan, Lampung Utara. 

Dimana jajaran Polres Lampura akan segera turun untuk melakukan penyelidikan terkait adanya dugaan penyimpangan ini. Hal ini diungkapkan langsung oleh Kapolres Lampura, AKBP Teddy Rachesna, S.H., S.I.K., M.Si, " Ya anggota kita akan mengecek ke lapangan dan lakukan penyelidikan,"tegas.Kapolres kepada Pikiran Lampung melalui pesan whatsapp, Jumat (20/10/2023). 

Kapolres memastikan bila Polres Lampura akan bekerja maksimal untuk melayani serta membasmi setiap bentuk penyimpangan serta kejahatan di Bumi Ragem Tunas Lampung. 

Seperti diberitakan sebelumnya, pihak berwajib yang ada di Kabupaten Lampung Utara (Lampura) baik dari kepolisian, kejaksaan maupun inspektorat diminta turun dan selidiki dugaan penyimpangan bantuan ketahanan pangan. 

Tepatnya di desa Gilih Suka Negeri, Kecamatan Abung Selatan, Lampung Utara. 

Dimana, bantuan ke warga di desa itu berupa ayam diduga telah diamputasi oleh oknum di desa setempat. " Kalau memang infomasinya benar ada penyimpangan bantuan maka pihak kepolisian harus turun, bila perlu tahan dulu orang yang diduga telah melakukan penyimpangan bantuan ini, " ujar Iskandar salah satu warga Lampura, Kamis (19/10/2023). 

Sebab, kata dia, bantuan dari pemerintah apapun  bentuknya harus utuh sampai ke tangan rakyat, apa bila tidak sampai Utara maka itu termasuk pidana. " Ini batu bantuan pangan ayam yang diduga diselewengkan, bukan tidak mungkin bantuan lain juga demikian, "tegas Adi, warga  Lampura lainya. 

Sementara itu, Juwendi Leksa Utama, SH, ketua LCW meminta agar hal ini segera bisa ditindaklanjuti boleh pihak berwajib di Lampura. " Pihak berwajib harus segera ambil tindakan, karena ini bantuan pusat untuk rakyat, dan tidak boleh dikorupsi dalam bentuk dan dengan cara apapun,"tegasnya.

 Seperti diberitakan sebelumnya, bantuan Ketahanan Pangan di Desa Gilih Suka Negeri Tahun 2023 diduga kuat telah diamputasi alias diselewengkan oleh oknum Perangkat Desa Desa Gilih Suka Negeri Kecamatan Abung Selatan. (13 Oktober 2023).

Anggaran tersebut berasal dari Dana Desa tahunn 2023. Dari hasil Investigasi awak Media pikiran Lampung. di masyarakat dan dari narasumber yang enggan menyebutkan namanya, mengatakan bahwa bantuan Ketahanan Pangan yang menggunakan DD tahun 2023 berupa 2 ekor ayam tersebut yang sampai di masyarakat hanya satu ekor ayam.

Dari ketengan masyarakat juga mengatakan bahwa setelah menerima 1 ekor ayam dari perangkat desa lalu dimintai tanda tangan dan itu pun tidak merata smua masyarakat sebanyak 170 (KPM) yang menerima bantuan ayam di mintai tanda tangan, sebelum penyerahan ayam perangkat desa meminta kepada masyarakat untuk di foto sambil memegang 2 ekor ayam.

Setelah melakukan investigasi di masyarakat lalu awak media menuju kantor desa untuk konfirmasi, dan bertemu Sekdes yang berinisial S, saat di mintai keterangan  sekdes terkesan menutup nutupi dan beralasan bahwa berkas dokumentasi pembagian ayam tersebut masih di tangan kepala desa berinisial Y,,"ucapnya.

Padahal di ketahui saat pembagian Bantuan Ketahanan Pangan DD Desa Gilih Suka Negeri Tahun 2023 tersebut, sang kepala desa yang berinisial Y tersebut sedang nonjob karna akan mengikuti Pilkades kembali, dan jabatan Kades tersebut di pegang Sekdes berinisial S selaku PJ nya. (Christiny/red)

Post A Comment: