LAMPUNG UTARA(PIKIRAN LAMPUNG)
Dalam rangka memperingati tahun baru Hijriah Pemdes desa Abung Jayo berkolaborasi dengan Ormas Nahdatul Ulama beserta Ansor Muslimat IPPNU, Banser Forum Remaja Masjid dan masyarakat menggelar Pengajian dan Bersholawat pada Minggu malam (28/7/2024). kegiatan tersebut dilaksanakan di lapangan perempatan Desa Abung Jayo.

Kepala Desa Abung Jayo Bpk. Suroto dalam sambutannya, mengucapkan ribuan terima kasih kepada masyarakat yang ada di desa Abung Jayo atas partisipasi dan kontribusinya dalam mendukung kegiatan acara pada malam hari ini, tak lupa juga ucapan terima kasih kepada seluruh panitia pelaksana, pemuda-pemudi Karang Taruna, serta pihak keamanan yang terlibat dalam kegiatan ini.

Kades Abung Jayo bpk. Suroto mengajak seluruh warganya untuk memaknai bulan muharram ini sebagai momen untuk intropeksi dan evaluasi diri, tujuannya adalah agar warga desa Abung Jayo dapat menjadi pribadi yang lebih baik dari tahun sebelumnya. 

Kemudian dalam peringatan tahun baru hijriyah pada malam ini, bertepatan juga dengan hari jadi desa Abung Jayo yang ke-16 tahun.

Turut hadir dalam acara tersebut Camat Abung Selatan, Kepala desa Kembang Tanjung, bpk. patahullah, kepala desa Candi Mas bpk. Zainal Abidin, Kepala Dispora sekaligus Ketum KBTM bpk. Imam Hanafi M,.Pd,.i. Ormas Nahdatul Ulama IPPNU, Banser. Serta Gus Rodhi Ahsan Ali yang mengisi acara dan memimpin Sholawat. kegiatan tersebut berjalan dengan penuh khidmad dengan dihadiri ratusan pengunjung yang ikut bersholawat.

Sejarah tahun baru hijriah atau tahun baru islam merupakan salah satu momen penting bagi umat muslim diseluruh dunia. sejarah penetapan awal tahun baru islam merujuk pada peristiwa hijrahnya Nabi Muhammad SAW, dari kota Mekah ke kota Madinah. hari tersebut kemudian ditetapkan sebagai hari pertama dalam penanggalan hijriah atau kalender islam yakni satu Muharram.

Bulan muharram adalah bulan penuh rahmat oleh karena itu, malam yang baik ini kita sama-sama mengevaluasi diri berdo'a kepada Allah SWT, serta Bersholawat kepada baginda Nabi kita Muhammad SWA, agar desa kita Abung Jayo semakin maju dan mengucap rasa syukur hari jadi desa Abung Jayo yang ke-16 tahun ini. 

Acara pengajian dan sholawat berlangsung dengan hidmad, Gus Rodhi Ahsan Ali memimpin sholawat. antusias warga tumpah ruah, terlihat memadati lapangan perempatan Abung Jayo untuk mengikuti acara sholawat tersebut. seusai acara sholawat bersama Pemdes Abung Jayo menampilkan hiburan music wayang kulit untuk pengunjung yang hadir.

Acara wayang kulit ini bertujuan untuk menghibur warga desa Abung Jayo dan para pengunjung yang hadir, sekaligus melestarikan seni budaya bangsa adat jawa. pengunjung merasa terhibur dengan penampilan music wayang kulit tersebut, yang mana Pemdes Abung Jayo mengundang pemain wayang kulit tersebut dari desa Way Jepara Lampung Timur.

Semoga dengan kegiatan Sholawat bersama dan tasyakuran desa Abung Jayo ini, bisa mempererat silatuhrahmi antar warga dan semoga Abung Jayo menjadi desa yang maju, desa yang Ba'dattun Toyyibatun Warrobun Ghofur. 
(Christyni)

Post A Comment: