Lamsel (Pikiran Lampung
) ---- Pj. Gubernur Lampung Samsudin meninjau secara langsung UPTD Pembibitan Ternak Sapi Dinas Peternakan dan kesehatan Hewan Provinsi Lampung di Jalan Lintas Sumatera KM. 45 Desa Campang Tiga Kecamatan Sidomulyo, Lampung Selatan, Senin (29/7/2024).

Sebagai Unit Pelaksana Teknis Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Provinsi Lampung, UPTD Pembibitan Ternak Sapi Lampung memiliki Visi : Menjadikan UPTD Pembibitan Ternak Sapi  yang profesional dalam menghasilkan bibit sapi, berkualitas dan berkelanjutan menuju Lampung berjaya.

Luas lahan yang dimiliki oleh UPTD Pembibitan Ternak Sapi seluas 53 ha dengan rincian sebagai berikut : Lahan yang sudah dimanfaatkan saat ini adalah 24 ha lahan Hijau Makanan Ternak (HMT), 5 ha kandang dan kantor, 2 ha sawit, 2 ha tanaman kelapa dan 20 ha lahan kebun.


Adapun Jumlah total ternak sapi Induk dan anakan baik jantan dan betina sebanyak 181 ekor terdiri dari 119 ekor Ternak sapi Bali dan 62 ekor ternak sapi Brahman Cross (BK). Dan saat ini terdapat 60 ekor sapi betina hamil yang diperkirakan akan menghasilkan 50 ekor anakan sapi.

Setibanya di lokasi UPTD Pembibitan ternak sapi  Pj. Gubernur Samsudin langsung meninjau kandang D yang berisi 3 Induk sapi Bali jantan dan mendapatkan kehormatan untuk memberikan nama kepada 3 induk sapi jantan tersebut.


Samsudin memberikan nama Jokovik untuk Sapi Jantan kode 19 G (artinya sapi lahir tahun 2019 dan G adalah kode bulan lahir di bulan Juli), Alkaras untuk sapi jantan kode 20 K (Sapi jantan yang lahir Nopember 2020), dan Nadal untuk sapi jantan kode 20 F (Sapi jantan yang lahir Bulan Juni 2020).

Kemudian Pj Gubernur Lampung Samsudin didampingi Kepala Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Ir. Lili Mawarti, M.Si  dan Kepala UPTD Pembibitan ternak sapi Agus Fahrozi, S. Pt., MM. berkesempatan untuk meninjau Kandang B sekaligus memberikan pakan secara langsung. Kunjungan dilanjutkan ke seluruh kandang ternak sapi yang berjumlah 6 unit kandang.

Dalam kesempatan tersebut Pj. Gubernur Samsudin bersilaturahmi langsung dengan seluruh jajaran UPTD Pembibitan Ternak Sapi Dinas Peternakan dan kesehatan Hewan Provinsi Lampung.

"Saya sengaja melakukan kunjungan kesini karena UPTD Pembibitan ternak Sapi ini adalah bagian dari prioritas Presiden yaitu ketahanan pangan, tugas itu melekat pada diri saya sebagai Pj Gubernur untuk menjaga ketahanan pangan di Provinsi Lampung," ungkapnya.

Samsudin mengatakan bahwa Pemerintah Provinsi Lampung sangat berharap agar UPTD Pembibitan Ternak sapi ini terus meningkatkan kinerja untuk melakukan hal yang terbaik dalam menjalankan tugas sehari-hari.

Lebih lanjut Samsudin berpesan kepada seluruh penjabat dan pegawai di lingkungan UPTD Pembibitan Ternak Sapi dengan menerjemahkan singkatan dari SAPI (Supporting Activity Planning  dan Innovation).

Supporting bermakna bahwa Pemerintah Provinsi Lampung akan mensupport program kerja terbaik dari UPTD Pembibitan Ternak Sapi Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Provinsi Lampung salah satunya pengadaan kandang tambahan untuk menjamin kesehatan dan keselamatan populasi sapi yang semakin bertambah.

Terkait Activity, Planning dan innovation Samsudin berpesan agar menjalankan segala aktivitas dengan penuh keikhlasan dan selalu membuat perencanaam yang baik dalam menjalankan setiap program kerja serta selalu berinovasi meskipun dimulai dari hal yang kecil agar semangat untuk bekerja dan meningkatkan kinerja tetap terjaga.

"Dalam menjalankan tugas di UPTD ini jangan hanya puas dengan apa yang sudah ada tapi coba lakukan dengan inovasi-inovasi," pesannya.

"Selamat bekerja, semangat terus karena semangat adalah motivasi kita untuk berkarya, bekerja dengan ikhlas insya Allah rezeki akan mengikuti kerja yang baik dari kita semua," pungkasnya.(susi) 

Post A Comment: