Tanggamus (Pikiran Lampung
) ---- Tenggelam di Perairan Pantai Kiluan Jaya, Abdul Kholid (67) warga Pekon Negeri Kelumbayan Kec. Kelumbayan Kab. Tanggamus dalam pencarian tim SAR Gabungan pada Kamis (01/08/2024).

Kejadian berawal pada Selasa malam (30/7/24), sekitar Pk. 20.00 WIB, korban pergi ke Pantai Kiluan Jaya untuk memancing ikan, sebagai aktivitasnya sehari hari. Namun dikarenakan sampai pagi harinya Rabu (31/7/24) korban belum pulang, maka keluarga bersama warga mencarinya ke tempat biasa korban memancing. Ditempat itu ditemukan alat pancing, golok dan senter milik korban. Warga telah melakukan pencarian sejak pagi hingga sore hari di permukaan laut dengan menggunakan perahu nelayan dan dengan menyelam disekitar lokasi korban memancing serta pada jalan yang biasa dilalui korban, tetapi korban belum juga diketemukan. Kemudian hari Kamis (01/08) Komang (warga setempat) melaporkan kejadian tersebut ke Basarnas.


Kepala Kantor SAR Lampung Deden Ridwansah mengerahkan 1 tim rescue Pos SAR Tanggamus untuk menuju lokasi kejadian dan melaksanakan operasi SAR. Adapun data korban bernama Abdul Kholid usia 67 tahun dan berjenis kelamin laki-laki. Korban merupakan warga Dusun Kiluan Jaya, RT 008/003 Pekon Negeri Kelumbayan, Kecamatan Kelumbayan.

Sekitar pukul 14.22 WIB Tim Rescue Pos SAR Tanggamus tiba di Desa Kelumbayan dan berkoordinasi dengan warga setempat. Selanjutnya Tim Rescue Pos SAR Tanggamus bergerak menuju ke lokasi kejadian.

 Tiba di lokasi kejadian pada koordinat -5°45'39.003"S - 105° 5'23.427"E selanjutnya Tim SAR Gabungan yang terdiri dari Pos SAR Tanggamus, Babinsa Kelumbayan, Bhabinkamtibmas Polsek Limau, Polair Pos Kota Agung, nelayan dan perangkat desa Kelumbayan melakukan penyisiran menggunakan Perahu Jukung. Tim menggunakan Aqua Eye untuk mencoba mendeteksi keberadaan korban di bawah air namun belum menemukan tanda cluster X.

Komandan Pos SAR Tanggamus Robi Rusli mewakili Kepala Kantor SAR Lampung Deden Ridwansah menyatakan bahwa upaya pencarian hari pertama dilakukan hingga pukul 18.25 WIB. "Hasil pencarian korban tenggelam di Pantai Kiluan pada hari ini masih nihil. Pencarian dihentikan sementara dan akan kembali dilanjutkan pada Jumat pagi.", ujar Robi. (ady)

Post A Comment: