Bandarlampung  (Pikiran Lampung
)---- Pj. Gubernur Lampung Samsudin sangat mengapresiasi terpilihnya Pakaian adat Lampung sebagai salah satu  Busana adat terbaik pada ajang Pemilihan Busana adat terbaik dalam rangkaian peringatan HUT Kemerdekaan RI ke-79 di Ibu Kota Nusantara (IKN), Senin (19/8/2024).

Pada Peringatan HUT Kemerdekaan ke-79 Republik Indonesia di Ibu Kota Nusantara (IKN) yang digelar pada tanggal 17 Agustus 2024 yang lalu, pasangan peserta asal Kalimantan Abi Manyu Arlindiato dan drg. Uswatun Hasanah terpilih sebagai Peserta dengan busana adat terbaik yang mengenakan pakaian adat Lampung.

Kriteria penilaian busana adat dilakukan berdasarkan elemen tradisional pakaian yang diadaptasi dengan cara yang segar dan relevan serta sesuai dengan tren kontemporer yang mempertimbangkan bahan tradisional dan modern secara efektif.

Hal ini tentu saja semakin menjadikan produk budaya lampung berupa pakaian adat semakin dikenal secara luas di Indonesia dan menjadi kebanggaan tersendiri bagi seluruh masyarakat Lampung.


Penjabat Gubernur Lampung, Samsudin, menyampaikan apresiasinya secara langsung pada Senin pagi 19 Agustus 2024 melalui sambungan video call dengan Abi Manyu Arlindiato salah satu peserta yang mengenakan budaya adat Lampung pria yang juga suami dari drg. Uswatun Hasanah peserta yang mengenakan busana adat Lampung wanita.

"Saya Pj. Gubernur Lampung mengucapkan selamat ya, sudah mendapatkan busana terbaik pada Upacara 17 Agustus 2024 HUT RI ke-79 di IKN," ucap Pj. Gubernur mengawali sambungan Video Callnya. 

Dalam kesempatan tersebut Pj. Gubernur juga menanyakan secara langsung alasan dan motivasi dipilihnya Busana adat Lampung oleh pasangan Abi Manyu Arlindiato dan drg. Uswatun Hasanah istrinya sebagai busana adat yang dikenakan dalam peringatan HUT RI ke-79 di IKN. 

Abimanyu yang juga menjabat sebagai Camat Sepaku Kabupaten Penajem Paser Utara Provinsi Kalimantan Timur menjelaskan bahwa alasan dirinya dengan istri memilih baju adat Lampung adalah karena menurut mereka sangat bagus dan pernah dikenakan oleh Presiden Joko Widodo. Selain itu, Abimanyu mengatakan bahwa pilihannya ini adalah kreativitas untuk menunjukkan keberagaman sebagai cerminan budaya nusantara. 

"Makanya sama isteri kita cari, mana ya pakaian adat yang bagus, ternyata isteri suka pakaian adat Lampung, ya sudah kita pakai pakaian adat Lampung, kita berunding, pak presiden pernah juga pakai adat Lampung, terus akhirnya kita putuskan pilih baju adat Lampung Pak" ungkap Abimanyu.

Abimanyu juga mengungkapkan kepada Pj. Gubernur Lampung bahwa dirinya merasa bangga dan bahagia karena pakaian adat Lampung yang dirinya dan Isteri kenakan terpilih sebagai salah satu dari tujuh busana adat terbaik dalam Peringatan HUT RI ke-79 di Ibu Kota Nusantara (IKN). 

"Yang pertama kaget sih pak gak nyangka, terus bangga, seneng dan bahagia sudah pasti, apalagi ini upacaranya pertama kali dilaksanakan di IKN, " ucap Abimanyu. 

Pj. Gubernur Lampung sangat mengapresiasi perjuangan Abi Manyu Arlindiato dan drg. Uswatun Hasanah dalam mempersiapkan pakaian adat Lampung yang jarang dan sulit ditemukan di daerah Kalimantan sehingga terpilih sebagai Busana Adat terbaik. 

Terkait hal itu Pj. Gubernur mengundang secara langsung pasangan Abi Manyu Arlindiato dan drg. Uswatun Hasanah untuk berkunjung ke Lampung agar lebih mengenal adat dan budaya Lampung sekaligus menikmati keindahan wisata alam Lampung agar nantinya bisa diperkenalkan kepada masyarakat di luar Lampung. 

"Nanti berkunjung ke Lampung, melihat bagaimana keindahan Lampung, melihat rumah adat Lampung, Pakaian adat Lampung, dan tentu Insya Allah berkesan setelah melihat Lampung, ini akan menjadi hal yang luar biasa buat Pak Camat nantinya, " ucap Pj. Gubernur. 

"Terima Kasih dan selamat Pak Camat sudah menjadi terbaik menggunakan busana adat Lampung pada saat upacara di IKN, nanti sampaikan kepada isteri, rencanakan kapan bisa ke Lampung, nanti kita siapkan untuk perjalanan ke Lampung, menginap di Lampung, silahkan melihat keindahan Lampung yang luar biasa, di Lampung begitu hebat," ucap Pj. Gubernur mengakhiri Video Callnya. 

Busana adat Lampung bukan hanya sebuah pakaian, melainkan simbol identitas dan kebanggaan masyarakat Lampung yang memiliki nilai sejarah dan budaya yang tinggi  sehingga keberadaannya harus dilestarikan dan dikenalkan kepada generasi muda Lampung agar semakin dikenal di luar Lampung. (susi).

Post A Comment: