Bandarlampung (Pikiran Lampung) - Pj Gubernur Lampung, yang diwakili Staf Ahli Bidang Kemasyarakatan dan Sumber Daya Manusia, Intizam puncak Hari Keluarga Nasional (HARGANAS) ke-31 Tahun 2024, di  Kantor BKKBN Lampung, Kamis (01/08/2024).

Dalam sambutan Pj Gubernur, Intizam mengungkapkan pentingnya mempersiapkan generasi yang akan datang untuk memanfaatkan bonus demografi yang diperkirakan akan terjadi pada tahun 2045. Pada saat itu, diperkirakan 70% dari jumlah penduduk Indonesia adalah usia produktif, sedangkan sisanya merupakan penduduk yang tidak produktif.

"Untuk memetik keuntungan dari bonus demografi tersebut, generasi mendatang harus dipersiapkan dengan baik. Peranan keluarga dalam membentuk generasi berkualitas sangat krusial," ujarnya.

Ia menjelaskan, untuk mewujudkan keluarga berkualitas, perencanaan keluarga harus dimulai dari mempersiapkan diri sebelum menikah. Hal ini penting untuk mencegah masalah kesehatan seperti stunting pada anak.

"Tema tahun ini, yaitu 'Keluarga Berkualitas Menuju Indonesia Emas', menekankan bahwa keluarga memiliki peran utama dalam membentuk generasi yang sehat dan berkualitas," jelasnya.

Intizam memaparkan, Provinsi Lampung menerapkan beberapa pendekatan dalam upaya penurunan stunting, 

"Pendekatan ini mencakup intervensi gizi, multi sektor, dan berbasis keluarga yang berisiko stunting. Diantaranya adalah pelaksanaan 8 aksi konvergensi di kabupaten/kota, peningkatan kualitas pelayanan, serta pembentukan bapak asuh anak stunting. Selain itu, intervensi sensitif dan spesifik juga menjadi fokus untuk mencapai hasil yang maksimal,"

"Pemerintah Provinsi Lampung juga telah membangun sistem Indeks Pembangunan Keluarga (Ibangga) untuk mengukur dimensi kemandirian, ketentraman, dan kebahagiaan dalam keluarga. Dengan rata-rata nilai Ibangga sebesar 55.77, Lampung termasuk provinsi dengan nilai Ibangga di atas rata-rata nasional," paparnya.

Untuk mewujudkan keluarga yang berkualitas, ia menekankan pentingnya kerjasama antara pemerintah, instansi terkait, juga  masyarakat 

"Kami siap mendukung semua kegiatan Bangga Kencana dan percepatan penurunan stunting. Program ini sangat penting bagi kemajuan masyarakat kami," pungkasnya. (red)

Post A Comment: