Pringsewu (Pikiran Lampung
) –Penjabat Bupati Pringsewu Dr Hi. Marindo. Kurniawan, S.T. MM meminta generasi muda khususnya pelajar di Pringsewu agar dapat menjaga serta menjalankan karakter bangsa dalam kehidupan sehari-hari. Terutama nilai Pancasila dan UUD 1945.

 Hal ini terungkap saat  70 pelajar dari Kabupaten Pringsewu mengikuti pelatihan Karakter, Pancasila, dan Konstitusi. Peserta terdiri dari 26 pelajar SMA, 36 pelajar SMK, dan 8 pelajar Madrasah Aliyah, baik dari sekolah negeri maupun swasta se-Kabupaten Pringsewu.

Staf Ahli Bupati Pringsewu Bidang Pemerintahan, Hukum, dan Politik, Hipni, S.E., M.M. mewakili Pj. Bupati Pringsewu, DR.Marindo Kurniawan, S.T., M.M. membuka kegiatan tersebut di Hotel Regency, Gadingrejo, Pringsewu, pada Senin 26 Agustus 2024.


Dalam sambutannya, Hipni, S.E., M.M.  menyatakan bahwa pendidikan Karakter, Pancasila, dan Konstitusi bagi pemuda dan pelajar merupakan program yang bertujuan menegakkan nilai-nilai karakter bangsa yang bersumber dari empat pilar utama, yaitu Pancasila, UUD 1945, Bhinneka Tunggal Ika, dan NKRI.

“Pendidikan atau pelatihan ini adalah penjabaran nilai-nilai karakter bangsa ke dalam tata sikap, perilaku, dan kepribadian pemuda, yang dibangun dan dikuatkan sebagai implementasi makna karakter bangsa Indonesia itu sendiri,” ujar Hipni.

Lebih lanjut, Hipni menjelaskan bahwa Pemerintah Kabupaten Pringsewu melalui Dinas Pemuda, Olahraga, dan Pariwisata berkomitmen menjalankan amanah dari Peraturan Menpora No. 825 Tahun 2014 tentang Pelatihan Karakter, Pancasila, dan Konstitusi bagi Pemuda (Pelajar). Implementasi program ini dilakukan oleh perangkat daerah terkait.

“Hal ini sebagai tindak lanjut Rencana Aksi Daerah, khususnya dalam penyelenggaraan pelayanan kepemudaan, yang memerlukan langkah-langkah strategis melalui sistem kolaboratif dan koordinasi lintas sektor, pemangku kepentingan, serta peran swasta, sekolah, dan masyarakat. Terlebih, di era digitalisasi informasi yang luas ini, dampak terhadap pertumbuhan dan perkembangan generasi muda bisa positif maupun negatif,” tambahnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Kepemudaan, Olahraga, dan Pariwisata Kabupaten Pringsewu, Ibnu Harjianto, S.Pd., M.M.  menjelaskan bahwa pelatihan ini berlangsung selama tiga hari, mulai dari 26 hingga 28 Agustus 2024.

Kegiatan ini bertujuan untuk membentuk, meningkatkan, dan menguasai pengetahuan serta pemahaman mengenai prinsip-prinsip yang perlu dipelajari dalam mengembangkan Karakter, Pancasila, dan Konstitusi bagi pemuda dan pelajar di Pringsewu. 

“Kegiatan ini juga bertujuan meningkatkan pemahaman, kesadaran, dan ketaatan ber-Pancasila dan berkonstitusi sebagai upaya membentuk profil Pelajar Pancasila, serta membangun kecerdasan spiritual dan emosional. Pendekatan yang efektif juga dilakukan untuk mentransfer nilai-nilai jati diri kebangsaan ke dalam pola sikap dan perilaku dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara,” jelas Ibnu.

Ibnu berharap, dari pelatihan ini akan lahir forum alumnus pengembangan karakter pemuda Indonesia di berbagai strategi dan jenjang, serta tumbuhnya prakarsa berkesinambungan dalam membangun karakter pemuda dan pelajar.

Selain itu, diharapkan juga akan muncul dukungan terhadap gerakan character building yang menjadi arus utama dalam pembangunan kepemudaan, khususnya di Kabupaten Pringsewu.

Turut hadir dalam pembukaan pelatihan tersebut Plt. Perwira Penghubung Kodim 0424/TGM Kapten Inf. Rahmat H., Kacabdin Pendidikan Wilayah II Provinsi Lampung, serta sejumlah kepala perangkat daerah terkait di lingkungan Pemkab Pringsewu. (zai)

Post A Comment: