Pringsewu (Pikiran Lampung) - Demi mewujudkan pemilihan kepala daerah (Pilkada) yang langsung umum bebas rahasia jujur dan adil (luber jurdil), Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Pringsewu gelar Deklarasi Kampanye Pilkada Damai Pemilihan Bupati-Wakil Bupati Pringsewu tahun 2024, Sabtu (28/9) di Pendopo Pringsewu. 

Acara ini juga turut dihadiri oleh masing-masing pasangan calon, diantaranya Paslon nomor urut 1 Fauzi yang datang sendirian tanpa didampingi calon wakil bupati Laras Tri Handayani. Setelah itu, paslon nomor urut 2 Adi Erlansyah-Hisbullah. Selanjutnya paslon nomor urut 3 Riyanto-Umi dan paslon nomor urut 4 Ririn Kuswantari-Wiriawan.  

Ketua Bawaslu Pringsewu Suprondi berharap dengan adanya kegiatan ini antara para calon dan masyarakat dapat memaknai penyelenggaraan kepala daerah serentak dan berlangsung dengan luber jurdil dan sesuai regulasi yang berlaku. 

"Sebab ini menjadi momentum menentukan pemimpin 5 tahun kedepan dengan mengedepankan filosofi Piil Pesenggiri sebagaimana semboyan masyarakat Lampung yang mempresentasikan multikulturalisme", kata Suprondi. 

Sebagai catatan, seusai PKPU pelaksanaan kampanye pemilihan serentak sudah dimulai sejak tanggal 25 September lalu hingga 23 November mendatang, dan masa tenang tanggal 26 November. 

"Saya berharap, selama masa kampanye dapat berlangsung aman dan damai. Paslon taat kepada aturan yang ditetapkan. Silahkan berkampanye dengan gembira tanpa melanggar ketentuan yang ada, " lanjut dia. 

Sementara, Kapolres Pringsewu AKBP M. Yunus dalam arahannya meminta agar para calon dan timses meminimalisir persebaran hoaks dan ujaran kebencian. Apalagi kampanye dengan menggunakan istilah Pribumi. "Istilah Pribumi sudah tidak relevan lagi, ayo berkompetisi secara sehat, " imbaunya. 

Ditempat yang sama, Pj Bupati Pringsewu Marindo berharap agar para calon yang berkompetisi bisa meraih kepercayaan dari masyarakat. Marindo juga meminta Bawaslu berperan menjaga demokrasi. "Saya berharap dalam berkontestasi politik bukan hanya bersaing mendapatkan jabatan tapi raih kepercayaan dari masyarakat. Mari berkompetisi secara sehat, " harap dia.

Deklarasi Kampanye Pillada Damai tersebut dibuka oleh Koordinator Divisi SDMO Bawaslu Lampung Imam Bukhori dilanjutkan dengan pembacaan deklarasi oleh para calon bupati-wakil Bupati, dan dilanjutkan dengan penandatangan serta pelepasan balon merah putih ke udara. 

Tampak hadir Ketua DPRD Pringsewu Suherman, serta jajaran Forkopimda dan kepada OPD Pemkab Pringsewu. Jajaran Bawaslu Pringsewu, KPU dan juga Panwascam serta para pengawas kelurahan.(zai)

Post A Comment: