Bandarlampung (Pikiranlampung), Netralitas Aparatur Sipil Negara (ASN) menjadi tajuk utama dalam sosialisasi yang diadakan Badan Pengawasan Pemilihan Umum (Bawaslu) Kota Bandar Lampung, kamis (5/9). Hadir dalam sosialisasi ini Ketua Bawaslu Kota Bandar Lampung, Perwakilan Bawaslu Provinsi Lampung serta unsur Muspida Kota Bandar Lampung.

Ketua Bawaslu Kota Bandar Lampung, Apriliwanda.SH, dalam sambutannya mengingatkan tentang pentingnya netralitas ASN dalam menghadapi Pemilihan Kepala Daerah Kota Bandar Lampung pada tahun 2024 ini. 

"Terkait dengan netralitas ASN ini, tentu harapan kita kedepan adalah bapak ibu semua yang berstatus sebagai ASN yang hari ini terundang terutama bapak camat, bapak lurah untuk bisa mensosialisasikan terkait netralitas ASN ini kejajaran dibawahnya",ujar Apriliwanda.

Apriliwanda juga menambahkan nantinya apabila ditemukan adanya ASN yang tidak netral dalam pelaksanaan pilkada ini maka pihaknya akan langsung bersurat ke Badan Kepegawaian Negara (BKN) untuk ditidaklanjuti."Kita akan merekomendasikan ke BKN terkait dengan penentuan apakah ada ketidaknetralan ASN tersebut", tambah Apriliwanda. 


Sementara anggota Bawaslu Provinsi Lampung, Hamid Badrul Munir SH.I juga mengingatkan tentang netralitas ini tidak hanya ke ASN saja, namun juga meliputi aparatus negara lainnya seperti TNI dan Polri. "Kami tidak ingin lagi ada kejadian-kejadian seumpama ikut melibatkan ASN, TNI/Polri dalam hal kegiatan-kegiatan kampanye", ujar Hamid.

Kegiatan sosialisasi ini sendiri rencananya akan dilaksanakan selama 2 (dua) hari pada 5-6 September 2024 dan bertempat di Hotel Golden Tulip Springhill Lampung.(madi)

Post A Comment: