Pringsewu (Pikiran Lampung) -–
Penjabat (PJ) Ketua Dekranasda Kabupaten Pringsewu, Ibu Agnesia Marindo, menghadiri acara pembukaan Bimbingan Teknis (Bimtek) Peningkatan Kreativitas Pelaku Industri Kecil Menengah (IKM) Sektor Kabupaten Pringsewu Tahun 2024. Acara yang diadakan di Regency Hotel Pringsewu ini bertujuan untuk meningkatkan daya saing dan keterampilan pelaku IKM lokal, guna mendukung pertumbuhan ekonomi daerah.

Dalam sambutannya, Ibu Agnesia Marindo menyampaikan latar belakang pentingnya pelaksanaan kegiatan ini. Berdasarkan data dari Kementerian Perdagangan Indonesia, Industri Kreatif merupakan industri yang bersumber dari pemanfaatan kreatifitas, keterampilan, serta bakat individu untuk menciptakan kesejahteraan dan membuka lapangan pekerjaan. Industri ini juga berperan dalam mengeksplorasi dan menghasilkan daya kreasi serta daya cipta yang luar biasa.


Lebih lanjut, Ibu Agnesia menekankan bahwa kontribusi ekonomi kreatif Indonesia saat ini masuk dalam tiga besar dunia dalam kontribusi terhadap Produk Domestik Bruto (PDB), dengan nilai mencapai Rp. 1.274 triliun, setelah Amerika Serikat dan Korea Selatan. Tiga subsektor utama yang menjadi penyumbang terbesar terhadap PDB tersebut adalah Kuliner, Fashion, dan Kriya, dengan kontribusi sekitar 7,5%.

Sumber Daya Manusia (SDM) yang menjadi penggerak utama dalam proses produksi perlu terus ditingkatkan. Peningkatan kualitas SDM adalah kunci utama dalam meningkatkan daya saing industri kreatif di Kabupaten Pringsewu," ujar Ibu Agnesia.

Acara Bimtek ini diharapkan dapat menjadi sarana efektif untuk meningkatkan keterampilan dan kreatifitas para pelaku IKM di Kabupaten Pringsewu, sehingga mereka mampu bersaing di pasar nasional maupun internasional. Selain itu, kegiatan ini juga menjadi bagian dari upaya pemerintah daerah untuk mendukung pertumbuhan ekonomi lokal melalui penguatan sektor industri kreatif.


Acara pembukaan ini dihadiri oleh sejumlah Pejabat Daerah, Pengurus Dekranasda Kab Pringsewu, Pimpinan BPD Lampung Cabang Pringsewu, Pimpinan LPK Bina Dharma Pringsewu serta Pelaku Usaha Industri di Kab.Pringsewu,  dari berbagai instansi terkait. Semangat kolaboratif antara pemerintah, pelaku industri, dan masyarakat diharapkan dapat terus berkembang untuk mendukung kemajuan ekonomi kreatif di Kabupaten Pringsewu.(zai) 

Post A Comment: