Lampung  Timur(Pikiran Lampung)- Calon Gubernur Lampung Arinal Djunaidi menekankan pentingnya pengembangan Taman Nasional Way Kambas agar memiliki nilai tambah bagi masyarakat. 

Hal itu ia sampaikan saat mengadakan pertemuan sekaligus silaturahmi bersama pimpinan Pondok Pesantren (Ponpes) Nurul Huda, Desa Sumbergede, kec. Sekampung Kab. Lampung Timur serta sejumlah tokoh masyarakat setempat Selasa (15/10/24)

Menurut Arinal Djunaidi, Way Kambas tidak hanya menjadi kebanggaan daerah, tetapi juga berpotensi menjadi destinasi wisata kehutanan dengan dampak ekonomi positif.

"Way Kambas adalah kekayaan yang tidak dimiliki provinsi lain, tetapi saat ini bentuknya seperti itu saja. Di Brazil, hutan bisa dinikmati oleh masyarakat dengan tetap menjaga fungsi dan memberi nilai ekonomi serta kesejahteraan. Hal seperti ini perlu kita tiru," ujar Parosil.

Ia menyampaikan, Way Kambas akan dibenahi agar masyarakat bisa lebih mengenal satwa-satwa yang ada di sana, seperti badak dan satwa lainnya, tanpa mengganggu habitatnya. 

"Ke depan, satwa yang ada mungkin bisa kita tampilkan di area khusus dengan pagar pembatas, sehingga masyarakat bisa melihat dan belajar langsung tentang satwa yang dilindungi," tambahnya.

Lebih lanjut Arinal Djunaidi menekankan pentingnya pengembangan Way Kambas sebagai wisata kehutanan yang dikelola dengan baik. 

"Jika ini dikelola dengan benar, Way Kambas tidak hanya menjadi pusat konservasi, tapi juga memberikan nilai ekonomi bagi masyarakat sekitar. Harapannya, kesejahteraan masyarakat bisa meningkat seiring dengan berkembangnya pariwisata di sana," tutupnya

Dengan rencana ini, Arinal optimistis bahwa potensi Way Kambas sebagai pusat konservasi dan wisata akan semakin dikenal luas, sekaligus memberi dampak positif bagi pembangunan daerah.(mirwan Syah)

Post A Comment: