Lampung Selatan  ( Pikiran Lampung)-- Calon Gubernur Lampung nomor urut 1, Arinal Djunaidi, menyampaikan komitmennya untuk menyelesaikan berbagai permasalahan di Lampung Selatan, khususnya di wilayah Pelabuhan Bakauheni.

Dalam Rapat Kerja Cabang Khusus (Rakercabsus) DPC PDI Perjuangan Kabupaten Lampung Selatan, Arinal menyoroti masalah kemacetan yang sering terjadi di Pelabuhan Bakauheni, terutama pada momen-momen penting seperti Lebaran, Natal, dan hari libur lainnya.

Menurut Arinal, meskipun masalah kemacetan ini sudah menjadi persoalan tahunan, pengelolaan Pelabuhan Bakauheni bukanlah tanggung jawab langsung pemerintah provinsi maupun Kabupaten Lampung Selatan.

“Pengelolaannya bukan di bawah pemerintah, baik provinsi maupun kabupaten, tetapi tata kelola ini sering kali diabaikan. Saya akan memperjuangkan agar masalah ini bisa diselesaikan,” ujar Arinal dalam sambutannya, Rabu (9/10/2024).

Arinal juga menyoroti adanya dugaan penguasaan lahan di sekitar Bakauheni oleh pihak-pihak yang tidak bertanggung jawab.

"Kemarin saya sudah mengingatkan mereka, lahan di sana kabarnya sudah dikuasai oleh orang-orang yang tidak bertanggung jawab," tambahnya.

Selain itu, Arinal mengungkapkan rencananya untuk membangun sebuah kawasan dengan konsep "Desa Perancis" yang mempertahankan suasana pedesaan di tengah perkembangan kota.

"Ini sudah saya bahas dalam beberapa tahap. Saya ingin ke depan, pusat persinggahan di Bakauheni bisa diwujudkan,” ungkapnya.

Arinal juga menyebut adanya permintaan dari Menteri BUMN Erick Thohir terkait pembangunan Jatim Park di Bakauheni. Namun, ia lebih memilih untuk mengusulkan pembangunan Krakatau Park.

"Saya menolak Jatim Park, tapi setuju dengan Krakatau Park. Meski begitu, tetap akan ada label Jatim Park karena pemiliknya adalah Jatim Park," jelasnya.

Dia juga menyampaikan bahwa akan diupayakan integrasi transportasi dari Pelabuhan Bakauheni ke Palembang melalui jalur kereta api, sehingga memudahkan mobilitas masyarakat.

"Insyaallah, saat masyarakat turun dari kapal penyebrangan, mereka bisa langsung ke Palembang dengan menggunakan kereta api," tambahnya.

Arinal turut menyatakan komitmennya untuk mendorong Desa Katibung menjadi kawasan wisata, yang juga mendapat dukungan dari calon Bupati Lampung Selatan, Nanang Ermanto.

Menutup sambutannya, Arinal menegaskan bahwa seluruh rencana pembangunan tersebut masih menunggu pelaksanaan dan akan diupayakan jika ia terpilih kembali pada periode kedua. (zai)

Post A Comment: