Bandar Lampung (Pikiran Lampung) - Permasalahan transportasi yang ada saat ini menjadi perhatian khusus Pasangan Calon Gubernur-Wakil Gubernur Lampung Nomor Urut 1 Arinal Djunaidi-Sutono. Mereka berkeinginan mewujudkan jalur kereta api dari Bakauheni, Lampung Selatan hingga Palembang, Sumatera Selatan.

"Jika kami terpilih, saya akan wujudkan transportasi kereta api mulai dari Bakauheni sampai ke Palembang," kata Arinal dalam Debat Publik di Hotel Novotel Bandarlampung, Minggu, (13/10/2024).

Ia mengungkapkan bahwa pihaknya sudah sempat berkomunikasi dengan sejumlah investor saat menjabat sebagai Gubernur Lampung, guna mewujudkan kereta api dari Bakauheni hingga Palembang.

"Jadi nanti penyeberangan akan dibuat dua pelabuhan. Rencana ini sudah saya sampaikan kepada petinggi di pemerintah pusat dan itu menjadi respon untuk dilanjutkan pada masa yang akan datang," jelasnya.

Sementara itu, Calon Wakil Gubernur Lampung Sutono menambahkan bahwa konektivitas transportasi baik darat, udara, maupun laut sangat penting guna peningkatan ekonomi provinsi ini.

"Transportasi, konektivitasnya harus nyata dan penting. Bagaimana pelabuhan, bandara kalau tidak didukung jalan yang baik sebagai konektivitasnya. Maka, ke depan Pelabuhan Panjang harus dibangun konektivitasnya dengan tol yang ada," kata dia.

Untuk membangun sebuah konektivitas transportasi, kata dia, harus ada koordinasi pemerintah pusat, provinsi, dan kabupaten.

"Masalah ini juga harus terintegrasi dengan baik. Tidak hanya transportasi saja, tetapi juga potensi yang dikembangkan apa. Potensi pariwisata, ekonominya harus terintegrasi maka sangat penting koordinasi untuk membuat konektivitas," katanya.

Menurutnya, poin penting dalam membangun konektivitas transportasi adalah daerah dapat meyakinkan terkait apa pembangunan ini harus dikonektivitaskan.(*)



Post A Comment: