Bandarlampung (Pikiran Lampung) -Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana (BKKBN) RI menyebut aplikasi Elektronik Siap Nikah Siap Hamil (Elsimil) adalah aplikasi untuk menekan angka stunting di Indonesia. Hal tersebut diungkapkan Kepala BKKBN RI yang diwakili oleh Deputi Bidang Pengendalian Penduduk (Dalduk) BKKBN RI, Dr. Bonavius Prasetya Ictiarto,S.Si.,M.Eng.

"Oleh karena itu Elsimil merupakan satu cara elektronik siap nikah siap hamil salah satu cara untuk kita mempersiapkan sebelum nikah, sebelum hamil sebelum melahirkan dicek terlebih dahulu," ungkap Bonavius pada Dr. Bonavius Prasetya Ictiarto,S.Si.,M.Eng, pada Rapat Koordinasi Teknis (Rakornis) Kemitraan Tingkat Provinsi Lampung Tahun 2024 yang mengusung tema "Sinergitas Implementasi Program Bangga Kencana dan Percepatan Penurunan Stunting Bersama Mitra Kerja", di Ballroom Hotel Golden Tulip, Jumat (11/10/2024).

Ia menjelaskan metode Elsimil ini butuh dukungan semua elemen untuk mencegah stunting.

"Ini juga butuh berbagai dukungan berbagai pihak untuk bisa kita lakukan pencegahan-pencegahan supaya tidak terjadi kasus stunting yang baru," jelasnya.

Bonavius melanjutkan, selain metode Elsimil, BKKBN juga punya beberapa cara untuk menekan angka stunting.

"Selain itu kita juga punya generasi keluarga berencana (GenRe) kemudian sekolah siaga kepundudukan itu adalah upaya kita untuk bisa memberikan informasi, komunikasi, edukasi kepada remaja-remaja terkait dengan kesehatan reproduksi, perencanaan keluarga, isu-isu kependudukan yang mana laki-laki mereka ketika nanti akan menikah betul-betul siap untuk mendapatkan keluarga yang berkualitas," pungkasnya. 

Untuk diketahui, Elsimil adalah Aplikasi yang ditujukan kepada calon pengantin, pasangan usia subur, ibu hamil, ibu pasca persalinan, dan balita.Aplikasi ini dapat diunduh di Google Play Store dengan nama Elsimil Calon Pengantin. Isinya antara lain pengisian data calon pengantin dan edukasi. Materi edukasi terdiri atas kesiapan pranikah, kesiapan kehamilan, kesehatan reproduksi, kontrasepsi, dan cegah kanker. (Sus)

Post A Comment: