Bandar Lampung (Pikiran Lampung) - Rangkaian proses Pemilihan Gubernur (Pilgub) Lampung 2024 akan memasuki tahap Debat Kandidat minggu ini. Rencananya debat kandidat pertama akan digelar di Hotel Novotel Bandar Lampung 13 Oktober 2024.

Ketua Divisi Parmas KPU Lampung, Antoniyus Cahyalana mengatakan bahwa debat kandidat ini dilakukan untuk memberikan kesempatan kepada paslon memaparkan solusi atas berbagai tantangan daerah. 

"Debat kandidat pertama dengan tema infrastruktur dan ekonomi. Untuk infrastruktur, akan dibedah adalah soal kerusakan dan konektifitas jalan antar kabupaten serta penanganan angkutan batubara," kata Antoniyus, Rabu (09/10/2024).

Sementara, untuk ekonomi akan diperluas terkait kemiskinan, ketimpangan pendapatan, dan distribusi sumber daya ekonomi. “Nantinya, setiap paslon cagub dan cawagub dibatasi bisa bawa pendukungnya maksimal 200 orang sesuai kapasitas ruangan,” ujarnya.

Ia melanjutkan, bahwa khusus Pilgub Lampung akan digelar 3 kali debat kandidat. Debat selanjutnya, akan mengusung tema hukum dan pemerintahan serta kebijakan publik. 

"Untuk tema hukum akan dibedah lebih jauh soal tata kelola hukum, pelaksanaan perda provinsi dan akses keadilan hukum," lanjutnya.

Kemudian, tema pemerintahan akan dikupas lebih luas terkait inovasi pembangunan, birokrasi, pelayanan publik, tata kelola pemerintahan, dan kesetaraan gender.

Sementara, tema kebijakan publik akan dibedah luas soal keterlibatan masyarakat, implementasi kebijakan dan evaluasi kebijakan.

Debat terakhir akan mengusung tema isu pelayanan publik kontemporer. Pada tema ini akan dibedah lebih luas lagi terkait kemiskinan, kesehatan, pendidikan, pertanian (perkebunan dan peternakan), pelayanan dasar, isu lingkungan, kelautan dan pariwisata, isu sosial budaya, penyalahgunaan narkotika dan disabilitas.(*)

Post A Comment: