Lampung Selatan (Pikiran Lampung) - Dinas Komunikasi dan Informatika (Kominfo) Kabupaten Lampung Selatan menggelar pelatihan pembuatan Konten Video bagi Kelompok Informasi Masyarakat (KIM) di Kabupaten Lampung Selatan.

Kegiatan yang digelar di Aula Krakatau Kantor Bupati Lampung Selatan, Kamis (24/10/2024)dibuka langsung oleh Sekretaris Daerah Kabupaten Lampung Selatan Thamrin, serta diikuti anggota KIM sebanyak 60 peserta.

Acara dibuka dengan laporan Kepala Dinas Kominfo Kabupaten Lampung Selatan Anasrullah yang menyampaikan tujuan pelatihan pembuatan konten video tersebut.

Anasrullah bilang, kegiatan itu bertujuan agar masyarakat yang berada di desa mendapatkan informasi-informasi yang  berkembang, baik berupa informasi dari pemerintah kepada masyarakat, dari masyarakat kepada  pemerintah maupun dari masyarakat kepada  masyarakat secara aktual. 

“KIM bertugas antara lain untuk mewujudkan masyarakat yang aktif, peduli, peka dan memahami informasi, memberdayakan masyarakat agar dapat memilah dan memilih informasi yang dibutuhkan dan bermanfaat. Mewujudkan jaringan informasi serta media komunikasi dua arah antara masyarakat  dengan masyarakat maupun dengan pihak lainnya,” kata Anasrullah.

Anasrullah juga menyampaikan, maksud dari kegiatan pelatihan pembuatan konten video itu juga agar anggota KIM dapat mengetahui visi, misi, tugas dan fungsi KIM itu sendiri.

“Salah satunya yakni, mengakses informasi dengan melakukan aktivitas untuk mengakses informasi dari berbagai sumber, baik sumber langsung maupun tidak langsung,” ujar Anasrullah. 


Sementara itu, Sekretaris Daerah Kabupaten Lampung Selatan, Thamrin mengatakan, sebagai lembaga layanan publik yang berperan dalam penyebaran informasi dan pemberdayaan masyarakat, KIM memegang peranan strategis dalam memperlancar arus informasi antara pemerintah dan masyarakat.

“Oleh karena itu, pelatihan ini menjadi sangat penting dalam memperkuat kapasitas KIM menghadapi era digital dan menguasai teknologi informasi. Kunci dari kesuksesan sebuah konten adalah kombinasi dari empat elemen, yakni mengedukasi, menginspirasi, meyakinkan, dan menghibur,” ujar Thamrin. 

Thamrin berharap, pelatihan tersebut dapat memberikan manfaat besar bagi seluruh peserta, sehingga nantinya KIM dapat berperan lebih aktif dalam menyebarkan informasi yang benar dan berkualitas kepada masyarakat. 

“Pelatihan ini diharapkan mampu mengedukasi dan mempersiapkan anggota KIM agar mampu bertransformasi secara digital, serta menghasilkan video berkualitas yang dapat digunakan untuk mempromosikan potensi daerah, UMKM, dan menyebarkan informasi yang bermanfaat bagi masyarakat luas,” kata Thamrin.(*)

Post A Comment: