Bandarlampung (Pikiran Lampung) - Puncak peringatan HUT TNI ke-79 dilaksanakan dengan menggelar upacara di Markas Korem 043/Gatam, Sabtu (05/10/2024) pagi.

Peringatan HUT TNI tahun ini mengambil tema "TNI Modern Bersama Rakyat Siap Mengawal Suksesi Kepemimpinan Nasional Untuk Indonesia Maju. Bertindak sebagai Inspektur Upacara peringatan ini yaitu Kepala Staf Komando Resort Militer (Kasrem) 043/Gatam, Kolonel Enjang S.IP, M.Han.

Dalam sambutannya Kasrem 043/Gatam mengatakan prajurit TNI sebagai pilar pertahanan memiliki peran yang besar untuk mempertahankan keutuhan NKRI.

"Bahwa prajurit TNI sebagai pilar pertahanan negara memiliki peran dan kontribusi dalam menjaga kedaulatan, keutuhan NKRI serta mendukung pembangunan nasional dan ketahanan negara dalam perwujudan Indonesia Maju," kata Kolonel Enjang.

"TNI modern bersama rakyat siap mengawal suksesi kepemimpinan nasional untuk Indonesia maju sebagai perwujudan tekad dan semangat dalam mendukung serta mendorong percepatan program pembangunan nasional ditengah dinamika lingkungan strategis pada lingkup global, regional maupun nasional," tambahnya.

Dijelaskan oleh Kasrem, perubahan lingkungan strategis yang terus berkembang secara dinamis dan semakin kompleks yang diikuti perkembangan politik ekonomi dan teknologi, selain telah menciptakan dimensi yang baru juga membawa dampak distruktif disegala bidang. Perkembangan situasi ini juga harus diikuti dan menjadi dasar persiapan kapabilitas TNI dari waktu ke waktu.

Terakhir Kasrem berpesan kepada prajurit untuk menjadi pedoman dan dilaksanakan sebagai berikut 

1. Perkokoh iman dan taqwa kita kepada Tuhan Yang Maha Esa, luangkan waktu serta bebaskan hati untuk beribadah karena hanya kepada-Nya kita berserah diri dan mendapatkan kekuatan.

2. Pertahankan dan tingkatkan solidaritas TNI serta kemanunggalan TNI dengan rakyat.

3. Tingkatkan kewaspadaan profesionalitas serta kualitas sumber daya manusia dalam menghadapi berbagai macam tantangan tugas kedepan yang semakin kompleks.

4. Terkait Pilkada 2024, selalu jaga netralitas TNI termasuk dalam menggunakan media sosial.

5. Laksanakan setiap tugas secara ikhlas serta hindari setiap bentuk tindakan melawan hukum dan merugikan rakyat, karena tugas kita adalah semata-mata untuk kepentingan rakyat, bangsa dan negara tercinta ini.(madi)

Post A Comment: