Jakarta (Pikiran Lampung) - Hari Batik Nasional adalah salah satu hari besar yang selalu diperingati setiap tahun di Indonesia. Hari Batik nasional yang diperingati setiap tanggal 2 Oktober tentunya memiliki sejarah yang melatarbelakangi penciptaan hari besar ini.

Peringatan Hari Batik Nasional dibuat untuk menunjukkan penghargaan sekaligus kebanggaan terhadap kekayaan budaya batik yang ada. Batik adalah salah satu warisan budaya berharga yang dimiliki oleh Indonesia yang penuh akan keberagaman.

Dilansir dari laman Balai Besar Kerajinan dan Batik Kementerian Perindustrian (Kemenperin), batik adalah hasil karya bangsa Indonesia yang merupakan perpaduan antara seni dan teknologi oleh leluhur bangsa Indonesia.

Sedangkan, menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), batik adalah kain bergambar yang pembuatannya secara khusus dengan menuliskan atau menerakan malam pada kain itu, kemudian pengolahannya diproses dengan cara tertentu.

Sebagai salah satu warisan budaya yang dimiliki oleh Indonesia, sudah seharusnya kita ikut serta dalam upaya melestarikannya. Salah satu upaya yang bisa dilakukan adalah ikut serta aktif dalam peringatan Hari Batik Nasional 2024

Lantas, kenapa peringatan Hari Batik Nasional jatuh pada tanggal 2 Oktober pada tiap tahunnya? Berikut adalah penjelasan sejarahnya secara lengkap

Latar Belakang Hari Batik Nasional

Dikutip dari laman Inspektorat Jenderal Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud), sejarah Hari Batik Nasional berawal dari pengakuan batik sebagai Warisan Budaya Tak Benda oleh UNESCO pada tahun 2009. Penerimaan batik sebagai Warisan Budaya Tak Benda terjadi pada sidang ke-4 Komite Antar Pemerintah di Abu Dhabi pada tanggal 2 Oktober 2009.

Lebih lanjut, penetapan tanggal 2 Oktober sebagai Hari Batik Nasional resmi terjadi dan berlaku pada masa pemerintahan Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) melalui Keputusan Presiden (Keppres) Nomor 33 Tahun 2009 yang dikeluarkan pada tanggal 17 November 2009. Melalui Keputusan Presiden ini, Kementerian Dalam Negeri kemudian menerbitkan Surat Edaran yang mengimbau seluruh pegawai pemerintah di tingkat pusat, provinsi, dan kabupaten untuk mengenakan batik setiap Hari Batik Nasional.

Melalui laman resminya juga, Kemendikbud mengingatkan bahwa Hari Batik Nasional bukan hanya sekedar peringatan, tetapi juga menjadi cara untuk menjaga identitas bangsa Indonesia dan memperkuat persatuan. Memakai Batik adalah simbol persatuan yang melampaui perbedaan sosial, baik kaya maupun miskin. Melalui peringatan ini, warisan budaya batik semakin diakui secara global, dan masyarakat Indonesia diharapkan untuk lebih percaya diri dalam memakai batik sebagai bagian dari upaya melestarikan warisan budaya Indonesia.

Tema Hari Batik Nasional 2024

"Bangga Berbatik" adalah tema dari Hari Batik Nasional 2024 yang ditetapkan oleh Yayasan Batik Indonesia (YBI). Dikutip dari Instagram resminya, di tahun 2024 ini YBI mengusung tema tersebut sekaligus mengadakan event berkolaborasi dengan Kementerian Perindustrian (Kemenperin) di Kota Kasablanka Mall pada tanggal 2-6 Oktober 2024.

Cara Merayakan Hari Batik Nasional 2024

Semua orang bisa ikut serta dalam merayakan peringatan Hari Batik Nasional yang pada tahun ini jatuh pada hari Rabu, 2 Oktober 2024. Berikut adalah beberapa cara yang bisa kamu lakukan, antara lain:

1. Memakai Batik

Memakai batik adalah salah satu cara paling sederhana yang bisa kamu lakukan untuk ikut serta merayakan peringatan Hari Batik Nasional. Segeralah gunakan batik yang ada di lemarimu saat menjalankan aktifitas esok hari saat Hari Batik Nasional.

2. Membeli Batik

Dengan ikut serta membeli batik berarti kita sudah berpartisipasi dalam membantu ekosistem perekonomian batik di Indonesia yang secara tidak langsung juga ikut serta dalam pelestarian batik.

3. Membuat Batik

Jadikan peringatan Hari Batik Nasional sebagai momentum kamu untuk belajar membuat batik sendiri. Membuat batik bisa dimulai dengan teknik yang sederhana seperti batik tulis atau batik cap.

4. Edukasi tentang Batik

Tambah pengetahuanmu mengenai batik serta sejarahnya. Bisa juga untuk ikut serta dalam menyebarluaskan informasi mengenai batik kepada orang lain.

5. Berkunjung ke Pagelaran Khusus Hari Batik Nasional

Biasanya, banyak event-event khusus yang digelar di beberapa daerah dalam rangka merayakan Hari Batik Nasional. Jika di daerahmu terdapat event khusus tersebut, tidak ada salahnya untuk datang dan menikmatinya.(*)

Post A Comment: