Bandarlampung (Pikiran Lampung) - Sekretaris Daerah Provinsi Lampung Fahrizal Darminto meninjau pembangunan Masjid Al-Bakrie di kawasan Enggal, Kota Bandar Lampung, Rabu (09/10/2024). 

Pada kegiatan itu, Sekda Provinsi Lampung bersama Wakil Ketua I, Yayasan Bakrie Amanah Teguh Ananta Wikrama, Karo Kesra Provinsi Lampung Yulia Megaria, dan beberapa Kepala Bidang dari BPKAD dan Kesbangpol Provinsi Lampung melakukan peninjauan secara langsung progres pembangunan Masjid Al-Bakrie. 

"Yang kami lakukan ini bukan hanya sekadar lihatlihat, tapi benar-benar memastikan progres pembangunannya, misalkan ketersediaan air wudhu, jika sesuai kapasitas ada 10.000 jamaah, dan l orang memerlukan 5 liter air untuk wudhu, artinya kita harus menyiapkan 50.000 liter air untuk sekali wudhu," ucap Sekda. 

"Tidak hanya itu, kita juga harus pastikan betul-betul fasilitas lainnya, termasuk desain dari masjid ini, misalkan jarak dan tinggi anak tangga agar nyaman digunakan, dan yang menarik bagian tengah kubah Masjid ini tidak ada tiangnya, jadi sudah dirancang sedemikian rupa oleh arsiteknya," lanjut Sekda. 

Sekda juga mengatakan bahwa pembangunan Masjid ini ditargetkan sudah dapat dipergunakan oleh masyarakat untuk Shalat Tarawih pada bulan Ramadan tahun depan.

Artinya fungsi masjidnya sudah dapat digunakan, atapnya sudah selesai, lantainya sudah selesai, sound systemnya sudah ada, listriknya sudah oke, AC nya sudah oke, sudah bisa untuk digunakan, orang sudah bisa shalat disini, wudhu disini, tinggal mungkin penyelesaian bagian luar, nanti dikerjakan sambil berjalan," jelasnya. 

Namun demikian menurut Sekda, Pasca selesainya dibangun masjid tersebut maka tugas selanjutnya adalah memakmurkan masjid, agar dapat dipergunakan secara maksimal. 

"Pasca selesai dibangun, tugas kita belum selesai, kita juga harus memakmurkan masjid ini, supaya bisa makmur, oleh karenanya harus dikelola dan dipelihara dengan sangat baik, maka nanti kita akan membentuk suatu lembaga untuk mengelola masjid ini, jadi bukan OPD atau pemprov yang mengelola, sehingga dengan adanya mangjemen khusus diharapkan masjid ini dapat berfungsi secara baik, maksimal, dan makmur," harap Sekda. (*)

Post A Comment: